Kamis, Agustus 9

STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN ( Sem 4 & 6 Reguler)



STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN

Untuk Semester 4 dan 6 Reguler
Mata kuliah: Teknologi Pendidikan dan Perencanaan Sistem Kependidikan Islam
 
Pengertian Strategi Pembelajaran
Pada mulanya istilah strategi digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan
Dalam pendidikan strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
Pengertian diatas terdapat 2 hal
1. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajran
2. Disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya  arah dari semua keputusanpenyusunan strategi adalah pencapaian tujuan
Jenis –jenis strategi pembelajaran
Rowntree (1974) mengelompokan ke dalam strategi penyampaian- penemuan, strategi pembelajaran kelompok dan indiviaual
Jenis –jenis strategi pembelajaran
Rowntree (1974) mengelompokan ke dalam strategi penyampaian- penemuan, strategi pembelajaran kelompok dan indiviaual
strategi penyampaian- penemuan, bahan pelajaran disajikan kepada siswa dalam bentuk jadi dan siswa dituntut menguasai bahan tersebut
strategi penyampaian- penemuan, bahan pelajaran disajikan kepada siswa dalam bentuk jadi dan siswa dituntut menguasai bahan tersebut
strategi pembelajaran kelompok dilakukan secara beregu . Dalam kelompok besar atau klasikal
Strtegi kelompok tidak memperhatikan kecepatan belajara siswa.
Siswa yang memiliki kemampuan tinggi akan terhambat oleh siswa yang mempunyai kemampuan biasa-biasa saja.
Siswa yang mempunyai kemampuan kurang akan merasa tergusur oleh siswa yang mempunyai kemampuan tinggi
Strategi pembelajran indiviaual dilakukan oleh siswa secara mandiri.
Kecepatan, kelambatan dan keberhasilan pembelajaran siswa sangat ditentukan oleh kemampuan siswa
METODE PEMBELAJARAN
Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal
Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan
Beberapa metode yang dapat digunakan:  Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, Simulasi,
Metode ceramah dapat diartikan sebagai cara menyajikan pelajaran melalui penuturan secara lisan atau penjelasan langsung kepada sekelompok siswa
Kelebihan metode ceramah:
  1. Ceramah merupakan metode yang murah dan mudah
  2. Dapat menyajikan materi pelajaran secara luas
  3. Dapat memberikan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan
  4. Guru dapat mengontrol keadaan kelas
  5. Organisasi kelas  dapat diatur menjadi sederhana
Kelemahan metode ceramah:
  1. Materi yang dikuasai siswa sebagai hasil ceramah akan terbatas pada apa yang dikuasai guru
  2. Ceramah yang tidak disertai dengan peragaan dapat mengakibatkan terjadinya verbalisme
  3. Guru yang kurang memiliki kemampuan bertutur yang baik, ceramah dianggap membosankan
  4. Sangat sulit untuk mengetahui apakah siswa sudah mengerti apa yang di jelaskan atau belum

Metode Demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan  mempertunjukkan kepad siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekadar tiruan
Kelebihan metode Demonstrasi:
  1. Verbalisme akan dapt dihindari sebab siswa disuruh langsung memperhatikan bahan pelajaran yang dijelaskan
  2. Proses pembelajaran akan lebih menarik
  3. Siswa akan memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan
Kelemahan metode Demonstrasi:
  1. Memerlukan persiapan yang lebih matang
  2. Memerlukan peralaatan, bahan-bahan dan tempat yang memadai
  3. Memerlukan kemampuan dan ketrampilan guru yang khusus
Metode Diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan
Kelebihan metode diskusi:
  1. Dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif khususnya dalam memberikan gagasan dan  ide-ide
  2. Dapat melatih dan membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi setiap permasalahan
  3. Dapat melatih siswa untuk mengemukakan pendapat atau gagasan secara verbal
Kelemahan metode diskusi:
  1. Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi dikuasai 2 atau 3 orang siswa yang memiliki ketrampilan bicara
  2. Kadang –kadang pembahasan dalam diskusi meluas sehingga kesimpulan menjadi kabur
  3. Memerlukan waktu yang cukup panjang yang tidak sesuai dengan yang direncanakan
  4. Sering terjadi perbedaan pendapat yang bersifat yang tidak terkontrol
Simulasi berasal dari kata simulate yang artinya berpura-pura atau berbuat seakan-akan
Metode simulas dapat diartikan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan simulasi tiruan untuk memahami konsep, prinsip atau ketrampilan tertentu
Kelebihan metode simulasi:
  1. Dapat dijadikan bekal bagi siswa dalam menghadapi situasi yang sebenarnya
  2. Dapat mengembangkan kreativitas siswa
  3. Dapat memupuk peberanian dan percaya diri siswa
  4. Memperkaya pengetahuan, sikap dan ketrampilan
  5. Dapat meningkatkan gairah siswa
Kelemahan metode simulasi:
  1. Pengalaman yang diperoleh tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan
  2. Pengeloaan yang kurang baik menjadikan tujuan pembelajaran terabaikan
  3. Faktor psikologis seperti rasa malu dan takut sering mempengaruhi siswa dalam melakukan simulasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar