MEDIA PEMBELAJARAN
UNTUK SEMESTER 4 & 6 REGULER
MATA KULIAH: TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PERENCANAAN SISTEM KEPENDIDIKAN ISLAM
Media pembelajaran adalah adalah alat yang dapat membantu
proses belajar mengajar sehingga makna
pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan
tujuan pendidikan atau pembelajaran
dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
Media pembelajaran berfungsi sebagai salah satu sumber
belajar bagi siswa untuk memperoleh pesan dan informasi yang berikan oleh guru
sehingga materi pembelajaran dapat lebih meningkat dan membentuk
pengetahuan bagi siswa
Manfaat dari media pembelajaran, yaitu:
1) Memberikan
pedoman bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat menjelaskan
materi pembelajaran dengan urutan yang sistematis dan membantu dalam penyajian
materi yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
2) Dapat meningkatkan motivasi dan minat belajara
siswa sehingga siswa dapat berpikir dan menganalisis materi pelajaran yang
diberikan oleh guru dengan baik dengan situasi belajar yang menyenangkan dan
siswa dapat memahami materi pelajaran dengan mudah.
Menurut Wina Sanjaya, ada beberapa fungsi dari penggunaan
media pembelajaran yaitu:
•
Fungsi komunikatif
Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan komunikasi
antara penyampai pesan dan penerima pesan.
•
Fungsi motivasi
Media pembelajaran dapat memotivasi siswa dalam
belajar.Dengan pengembangan media pembelajaran tidak hanya mengandung unsure
artistic saja akan tetapi memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran
•
Fungsi kebermaknaan
Penggunaan media pembelajran dapat lebih bermakna yakni
pembelajaran bukan hanya meningkatkan penambahan informasi tetapi dapat
meningkatkan kemampuan siswa untuk menganalisis dan mencipta
•
Fungsi penyamaan persepsi
Dapat menyamakan persepsi setiap siswa sehingga memiliki
pandangan yang sama terhadap informasi yang di sampaikan
•
Fungsi individualitas
Dengan latar belakang siswa yang berbeda, baik itu
pengalaman, gaya belajar, kemampuan siswa maka media pembelajran dapat melayani
setiap kebutuhan setiap individu yang memiliki minat dan gaya belajar yang
berbeda.
Menurut Nasution, manfaat media pembelajaran sebagai alat
bantu dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
•
Pengajaran lebih menarik perhatian siswa
sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
•
Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya,
sehingga dapat lebih di pahami siswa, serta memungkinkan siswa menguasai tujuan
pengajaran dengan baik
•
Metode pembelajaran bervariasi, tidak
semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan
pengajar, siswa tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
•
Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar,
sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari pengajar saja, tetapi juga
aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan
dan lain-lainya.
Menurut Nana Sudana dan Ahmad Rivai, media pembelajaran
dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi yaitu:
•
Dilihat dari sifatnya, media dibagi ke dalam:
•
Media auditif, yaitu media yang hanya di dengar
saja
•
Media visual, yaitu media yang hanya dilihat
saja
•
Media audiovisual, yaitu jenis media yang selain
mengandung unsure suara juga mengandung unsure gambar yang bisa dilihat
•
Dilihat dari kemampuan jangkauannya media dapat
di bagi ke dalam:
•
Media yang memiliki daya liput yang luas dan
serentak seperti radio dan televisi
•
Media yang mempunyai daya liput yang terbatas
oleh ruang dan waktu seperti film slide, film, video
•
Dilihat dari cara atau teknik pmakaiannya, media
dibagi ke dalam:
•
Media yang di proyeksikan seperti film, slide,
film strip, transparansi
•
Media yang tidak diproyeksikan seperti gambar,
foto, lukisan, radio
Menurut Nana Sudana dan Ahmad Rivai, media pembelajaran
dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi yaitu:
Dilihat dari sifatnya, media
dibagi ke dalam:
•
Media auditif, yaitu media yang hanya di dengar
saja
•
Media visual, yaitu media yang hanya dilihat
saja
•
Media audiovisual, yaitu jenis media yang selain
mengandung unsure suara juga mengandung unsure gambar yang bisa dilihat
Dilihat dari kemampuan
jangkauannya media dapat di bagi ke dalam:
•
Media yang memiliki daya liput yang luas dan
serentak seperti radio dan televisi
•
Media yang mempunyai daya liput yang terbatas
oleh ruang dan waktu seperti film slide, film, video
Dilihat dari cara atau teknik
pmakaiannya, media dibagi ke dalam:
•
Media yang di proyeksikan seperti film, slide,
film strip, transparansi
•
Media yang tidak diproyeksikan seperti gambar,
foto, lukisan, radio
Menurut Arief S. Sadiman, untuk
membuat media pembelajaran, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan:
a. Menganalisis kebutuhan dan
karakteristik
Kebutuhan dalam proses belajar mengajar adalah kesenjangan antara apa yang
dimiliki siswa dengan apa yang diharapkan.
b. Merumuskan tujuan
instruksional
Tujuan ini merupakan pernyataan
yang menunjukkan perilaku yang harus dapat dilakukan siswa setelah ia mengikuti
proses instruksional tertentu
c. Merumuskan butir-butir materi
secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan
Penyusunan rumusan butir-butir materi adalah dilihat dari sub kemampuan
atau keterampilan yang dijelaskan dalam tujuan khusus pembelajaran, sehingga
materi yang disusun adalah dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan dari
kegiatan proses belajar mengajar tersebut.
d. Mengembangkan alat pengukur
keberhasilan
Alat pengukur ini harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
dan dari materi-materi pembelajaran yang disajikan.
e. Menulis naskan media
Naskah media adalah bentuk penyajian materi pembelajaran melalui media
rancangan yang merupakan penjabaran dari pokok-pokok materi yang telah
disusun
f. Mengadakan tes dan revisi.
Evalusi
media pembelajaran adalah suatu tindakan proses atau kegiatan yang dilaksanakan
dengan maksud untuk menentukan nilai dari segala media atau alat yang digunakan
dalam kegiatan belajar mengajar.
Beberapa kriteria yang perlu
diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran, yaitu
:
1. Tujuan
Media dipilih dan digunakan oleh
guru harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
2. Efektifitas
Memilih media yang paling efektif
dari berbagai media yang ada sehingga media yang digunakan dalam meyampaikan
materi kepada siswa adalah yang paling
tepat dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
3. Kemampuan Guru Dan
Siswa.
Memilih media pembelajaran yang
digunakan sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan siswa dengan proses
belajar yang menarik perhatian
4.
Fleksibilitas .
Dapat digunakan dalam berbagai
situasi, tahan lama, menghemat biaya dan tidak berbahaya sewaktu digunakan
dalam proses pembelajaran.
5. Kesediaan
Media.
Guru haruslan kretif dalam menyediakan media
pembelajaran, contohnya dengan membuat sendiri media pembelajaran yang
sederhana atau membuat bersama-sama dengan siswa.
6. Manfaat
Mempertimbangkan manfaat yang
didapat dari pengadaan media tersebut bagi siswa dalam proses pembelajaran,
mempertimbangan biaya pembuatan media pembelajaran.
7. Kualitas
Media pembelajaran harus dibuat dengan mutu
dan kualitas yang baik sehingga bisa
tahan lama dan tidak mudah rusak dan dapat digunakan lagi oleh guru untuk proses belajar
siswa di waktu yang yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar