Kamis, Agustus 9

MEDIA PEMBELAJARAN ( SEM 4&6 REGULER)


MEDIA PEMBELAJARAN
UNTUK SEMESTER 4 & 6 REGULER
MATA KULIAH: TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PERENCANAAN SISTEM KEPENDIDIKAN ISLAM


Media pembelajaran adalah adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga  makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan  tujuan pendidikan atau pembelajaran  dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
Media pembelajaran berfungsi sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa untuk memperoleh pesan dan informasi yang berikan oleh guru sehingga materi pembelajaran dapat lebih meningkat dan membentuk pengetahuan  bagi siswa
Manfaat dari media pembelajaran, yaitu:
1)      Memberikan pedoman bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat menjelaskan materi pembelajaran dengan urutan yang sistematis dan membantu dalam penyajian materi yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
2)       Dapat meningkatkan motivasi dan minat belajara siswa sehingga siswa dapat berpikir dan menganalisis materi pelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik dengan situasi belajar yang menyenangkan dan siswa dapat memahami materi pelajaran dengan mudah.
Menurut Wina Sanjaya, ada beberapa fungsi dari penggunaan media pembelajaran  yaitu:
          Fungsi komunikatif
Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan komunikasi antara penyampai pesan dan penerima pesan.
          Fungsi motivasi
Media pembelajaran dapat memotivasi siswa dalam belajar.Dengan pengembangan media pembelajaran tidak hanya mengandung unsure artistic saja akan tetapi memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran
          Fungsi kebermaknaan
Penggunaan media pembelajran dapat lebih bermakna yakni pembelajaran bukan hanya meningkatkan penambahan informasi tetapi dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menganalisis dan mencipta
          Fungsi penyamaan persepsi
Dapat menyamakan persepsi setiap siswa sehingga memiliki pandangan yang sama terhadap informasi yang di sampaikan
          Fungsi individualitas
Dengan latar belakang siswa yang berbeda, baik itu pengalaman, gaya belajar, kemampuan siswa maka media pembelajran dapat melayani setiap kebutuhan setiap individu yang memiliki minat dan gaya belajar yang berbeda.
Menurut Nasution, manfaat media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
          Pengajaran lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
          Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami siswa, serta memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran dengan baik
          Metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, siswa tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
          Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari pengajar saja, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lainya.
Menurut Nana Sudana dan Ahmad Rivai, media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi yaitu:
          Dilihat dari sifatnya, media dibagi ke dalam:
          Media auditif, yaitu media yang hanya di dengar saja
          Media visual, yaitu media yang hanya dilihat saja
          Media audiovisual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsure suara juga mengandung unsure gambar yang bisa dilihat
          Dilihat dari kemampuan jangkauannya media dapat di bagi ke dalam:
          Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televisi
          Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu seperti film slide, film, video
          Dilihat dari cara atau teknik pmakaiannya, media dibagi ke dalam:
          Media yang di proyeksikan seperti film, slide, film strip, transparansi
          Media yang tidak diproyeksikan seperti gambar, foto, lukisan, radio
Menurut Nana Sudana dan Ahmad Rivai, media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi yaitu:
Dilihat dari sifatnya, media dibagi ke dalam:
          Media auditif, yaitu media yang hanya di dengar saja
          Media visual, yaitu media yang hanya dilihat saja
          Media audiovisual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsure suara juga mengandung unsure gambar yang bisa dilihat
Dilihat dari kemampuan jangkauannya media dapat di bagi ke dalam:
          Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televisi
          Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu seperti film slide, film, video
Dilihat dari cara atau teknik pmakaiannya, media dibagi ke dalam:
          Media yang di proyeksikan seperti film, slide, film strip, transparansi
          Media yang tidak diproyeksikan seperti gambar, foto, lukisan, radio
Menurut Arief S. Sadiman, untuk membuat media pembelajaran, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan:
a. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik
Kebutuhan dalam proses belajar mengajar adalah kesenjangan antara apa yang dimiliki siswa dengan apa yang diharapkan.
b. Merumuskan tujuan instruksional
Tujuan ini merupakan pernyataan yang menunjukkan perilaku yang harus dapat dilakukan siswa setelah ia mengikuti proses instruksional tertentu
c. Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan
Penyusunan rumusan butir-butir materi adalah dilihat dari sub kemampuan atau keterampilan yang dijelaskan dalam tujuan khusus pembelajaran, sehingga materi yang disusun adalah dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan dari kegiatan proses belajar mengajar tersebut.
d. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
Alat pengukur ini harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan dari materi-materi pembelajaran yang disajikan.
e. Menulis naskan media
Naskah media adalah bentuk penyajian materi pembelajaran melalui media rancangan yang merupakan  penjabaran dari pokok-pokok materi yang telah disusun
f. Mengadakan tes dan revisi.
 Evalusi media pembelajaran adalah suatu tindakan proses atau kegiatan yang dilaksanakan dengan maksud untuk menentukan nilai dari segala media atau alat yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran, yaitu :
1.   Tujuan
Media dipilih dan digunakan oleh guru harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
2.   Efektifitas
Memilih media yang paling efektif dari berbagai media yang ada sehingga media yang digunakan dalam meyampaikan materi kepada siswa  adalah yang paling tepat dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
3.   Kemampuan Guru Dan Siswa. 
Memilih media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan siswa dengan proses belajar yang  menarik perhatian
4.    Fleksibilitas . 
Dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama, menghemat biaya dan tidak berbahaya sewaktu digunakan dalam proses pembelajaran.
5.   Kesediaan Media. 
 Guru haruslan kretif dalam menyediakan media pembelajaran, contohnya dengan membuat sendiri media pembelajaran yang sederhana atau membuat bersama-sama dengan siswa.
6.    Manfaat
Mempertimbangkan manfaat yang didapat dari pengadaan media tersebut bagi siswa dalam proses pembelajaran, mempertimbangan biaya pembuatan media pembelajaran.
7.   Kualitas
 Media pembelajaran harus dibuat dengan mutu dan kualitas yang baik sehingga  bisa tahan lama  dan tidak mudah rusak dan dapat  digunakan lagi oleh guru untuk proses belajar siswa di waktu yang yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar