Minggu, Agustus 5

Pengertian Sejarah Pendidikan Islam



Pengertian Sejarah Pendidikan Islam
Untuk  Mt Kuliah: Sejarah Pendidikan
Mhs STAIZA sem 4 ( Intensif)
Pendidikan  Islam dalam  tafsir  pendidikan (menurut) Islam adalah suatu pandangan yang didasari pengertian bahwa Islam  adalah ajaran tentang nilai- nilai  dan norma-norma kehidupan yang ideal, yang bersumber dari al-Qur’an dan al-Sunnah.
Pendidikan menurut Islam, dapat dipahami  sebagia ide-ide, konsep-konsep, nilai-nilai dan norma-norma kependidikan, sebagaimana yang dapat dipahami  dan dianalisis serta dikembangkan dari sumber otentik ajaran Islam, yaitu  al-Qur’an dan al-Sunnah.
Pendidikan  Islam  dalam tafsir  pendidikan Islam  berdasarkan sudut pandang, bahwa  Islam adalah ajaran-ajaran, sistem budaya  dan peradaban yang tumbuh  dan berkembang  serta didukung oleh umat Islam  sepanjang sejarah, sejak zaman Nabi Muhammad SAW, sampai masa sekarang.
Pendidikan dalam Islam adalah “proses dan praktek penyelenggaraan pendidikan dikalangan umat Islam yang berlangsung secara berkesinambungan dari generasi ke generasi dalam  rentangan sejarah Islam”.
Dalam bahasa arab pengertian kata pendidikan sering digunakan pada beberapa istilah antara lain:
 Al-Ta’lim yaitu bersifat pemberian atau penyampaian pengertian pengetahuan dan keterampilan.,
 Al-Tarbiyah yaitu mengasuh, mendidik dan memelihara dalam leksikal al-qur’an penunjukkan kata al-tarbiyaha yang merujuk pada pengertian pendidikan secara implisit tidak dikemukakan.
Secara esensial kata al-tarbiyah mengandung dua makna yaitu: adalah merupakan proses transformasi sesuatu sampai pada batas kesempurnaan (kedewasaan) dan dilakukan secara bertahap.
 Al-Ta’dib yaitu proses mendidik yang lebih tertuju pada pembinaan dan penyempurnaan akhlak atau budi pekerti peserta didik.
Definisi Pendidikan Islam
Pendidikan Islam adalah serangakaian pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh lembaga pendidikan Islam kepada peserta didiknya untuk mengembangkan dan membina potensi mereka dengan sempurna dan integral, baik akal, fisik, dan emosional mereka serta meluruskan moralitas dan akhlak mereka searah dengan kemampuan yang mereka miliki untuk dapat memakmurkan  dan membangun dunia  ini sesuai dengan sistem Allah dan syari’atnya (Ali Ahmad Madkur 1990).
Hasan Langgulung merumuskan pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat.
Menurut Athiyah Al-Abrasy, pendidikan Islam adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya, pola pikirnya teratur dengan rapi, perasaannya halus, profesiaonal dalam bekerja dan manis tutur sapanya.
MarimbaAhmad D.  memberikan pengertian bahwa pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.
Pengertian Sejarah
Kata sejarah secara etimologi dapat diungkapkan dalam bahasa Arab yaitu Tarikhsirah atau ilmu tarikh, yang berarti ketentuan masa atau waktu, sedangkan ilmu tarikh yaitui ilmu yang membahas suatu peristiwa dan sebab-sebab terjadinya peristiwa tersebut. Dalam bahasa inggris sejarah disebut dengan history yang berarti uraian secara berurutan tentang kejadian-kejadian masa lampau (orderly descriphon of past even).
Adapun secara terminologi sejarah adalah sejumlah keadaan dan peristiwa penting yang terjadi di masa lampau dan benar-benar terjadi pada individu dan masyarakat sesuai pada kenyataan-kenyataan alam dan manusia yang telah terjadi.
Pengertian sejarah pendidikan islam (Tarihut Tarbiyah islamiyah) menurut  Zuhairini yaitu:
Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu, sejak zaman lahirnya islam sampai dengan saat ini.
Dra. Hasbullah merumuskan bahwa sejarah pendidikan islam yaitu:
Catatan sebuah peristiwa tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam sejak lahirnya Nabi hingga saat ini.
Suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam baik dari segi gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga maupun opersinalisasi sejak zaman nabi Muhammad hingga saat ini.
Ruang Lingkup Sejarah Pendidikan Islam
Adapun ruang lingkup sejarah pendidikan islam itu berawal dari sejarah pendidikan islam yang bermula sejak zaman Nabi Muhamad SAW sampai saat ini yang telah berkembang diberbagai negara di dunia khususnya di Indonesia. Seperti contoh sejarah pendidikan islam yang dibawa oleh para wali songo ke Indonesia, tokoh-tokoh dan perjalanan serta perjuangan dari KH.Hasyim Asy’ary, KH.Ahmad Dahlan, Buya Hamka, Mahmud Yunus dalam upaya pembangunan pendidikan islam dan berbagai kendala yang dihadapi dalam menyebarkan pendidikan islam serta keterlibatannya dengan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan islam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar