Pengertian Sejarah Pendidikan Islam
Untuk Mt Kuliah:
Sejarah Pendidikan
Mhs STAIZA sem 4 ( Intensif)
Pendidikan Islam
dalam tafsir pendidikan (menurut) Islam adalah suatu pandangan
yang didasari pengertian bahwa Islam adalah ajaran tentang
nilai- nilai dan norma-norma kehidupan yang ideal, yang bersumber
dari al-Qur’an dan al-Sunnah.
Pendidikan menurut Islam, dapat
dipahami sebagia ide-ide, konsep-konsep, nilai-nilai dan norma-norma
kependidikan, sebagaimana yang dapat dipahami dan dianalisis serta
dikembangkan dari sumber otentik ajaran Islam, yaitu al-Qur’an dan
al-Sunnah.
Pendidikan Islam
dalam tafsir pendidikan Islam berdasarkan sudut pandang,
bahwa Islam adalah ajaran-ajaran, sistem budaya dan peradaban yang
tumbuh dan berkembang serta didukung oleh umat Islam
sepanjang sejarah, sejak zaman Nabi Muhammad SAW, sampai masa sekarang.
Pendidikan dalam
Islam adalah “proses dan praktek penyelenggaraan pendidikan dikalangan
umat Islam yang berlangsung secara berkesinambungan dari generasi ke
generasi dalam rentangan sejarah Islam”.
Dalam bahasa arab pengertian kata pendidikan
sering digunakan pada beberapa istilah antara lain:
Al-Ta’lim yaitu bersifat pemberian atau penyampaian pengertian pengetahuan
dan keterampilan.,
Al-Tarbiyah yaitu mengasuh, mendidik dan memelihara dalam leksikal al-qur’an
penunjukkan kata al-tarbiyaha yang merujuk pada pengertian pendidikan secara
implisit tidak dikemukakan.
Secara esensial kata al-tarbiyah mengandung dua
makna yaitu: adalah merupakan proses transformasi sesuatu sampai pada batas
kesempurnaan (kedewasaan) dan dilakukan secara bertahap.
Al-Ta’dib yaitu proses mendidik yang lebih tertuju pada pembinaan dan
penyempurnaan akhlak atau budi pekerti peserta didik.
Definisi Pendidikan Islam
Pendidikan Islam adalah
serangakaian pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh
lembaga pendidikan Islam kepada peserta didiknya untuk mengembangkan dan
membina potensi mereka dengan sempurna dan integral, baik akal, fisik, dan
emosional mereka serta meluruskan moralitas dan akhlak mereka searah dengan
kemampuan yang mereka miliki untuk dapat memakmurkan dan membangun dunia ini sesuai dengan sistem Allah dan
syari’atnya (Ali Ahmad Madkur
1990).
Hasan Langgulung merumuskan
pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi
peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan
fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat.
Menurut Athiyah Al-Abrasy,
pendidikan Islam adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan
bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya, pola
pikirnya teratur dengan rapi, perasaannya halus, profesiaonal dalam bekerja dan
manis tutur sapanya.
MarimbaAhmad D. memberikan pengertian bahwa pendidikan Islam
adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepada
terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.
Pengertian Sejarah
Kata sejarah secara
etimologi dapat diungkapkan dalam bahasa Arab yaitu Tarikh, sirah atau ilmu
tarikh, yang berarti ketentuan masa atau waktu, sedangkan ilmu tarikh
yaitui ilmu yang membahas suatu peristiwa dan sebab-sebab terjadinya peristiwa
tersebut. Dalam bahasa inggris sejarah disebut dengan history yang
berarti uraian secara berurutan tentang kejadian-kejadian masa lampau (orderly
descriphon of past even).
Adapun secara
terminologi sejarah adalah sejumlah keadaan dan peristiwa penting yang
terjadi di masa lampau dan benar-benar terjadi pada individu dan masyarakat
sesuai pada kenyataan-kenyataan alam dan manusia yang telah terjadi.
Pengertian sejarah pendidikan
islam (Tarihut Tarbiyah islamiyah) menurut Zuhairini yaitu:
Keterangan mengenai pertumbuhan
dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu, sejak zaman lahirnya
islam sampai dengan saat ini.
Dra. Hasbullah merumuskan
bahwa sejarah pendidikan islam yaitu:
Catatan sebuah peristiwa tentang
pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam sejak lahirnya Nabi hingga saat
ini.
Suatu cabang ilmu pengetahuan
yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam baik dari
segi gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga maupun opersinalisasi sejak zaman
nabi Muhammad hingga saat ini.
Ruang Lingkup Sejarah
Pendidikan Islam
Adapun ruang lingkup sejarah
pendidikan islam itu berawal dari sejarah pendidikan islam yang bermula sejak
zaman Nabi Muhamad SAW sampai saat ini yang telah berkembang diberbagai
negara di dunia khususnya di Indonesia. Seperti contoh sejarah pendidikan islam
yang dibawa oleh para wali songo ke Indonesia, tokoh-tokoh dan perjalanan serta
perjuangan dari KH.Hasyim Asy’ary, KH.Ahmad Dahlan, Buya Hamka, Mahmud Yunus
dalam upaya pembangunan pendidikan islam dan berbagai kendala yang dihadapi
dalam menyebarkan pendidikan islam serta keterlibatannya dengan pemerintah
dalam mengembangkan pendidikan islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar