Minggu, April 7

Silabus Teknologi Pendidikan



SILABUS
Mata Kuliah    : Teknologi Pendidikan
Kode               :
Program Studi :  S1 Managemen Pendidikan Islam
Semester          : II
Bobot              : 2 SKS
I.                   Standar Kompetensi
Mahasiswa diharapkan mampu memahami  konsep teknologi pendidikan, tujuan teknologi pendidikan, permasalahan teknologi pendidikan yang sesuai dengan pendidikan yang ada di Indonesia sehingga dapat mengatasi masalah belajar dalam berbagai kondisi dan situasi. Dengan teknologi pendidikan diharapkan pendidikan dapat berkembang mengikuti perkembangan zaman di era global dan memberikan kontribusi dalam pemngembangan SDM.

II.                Kompetensi Dasar
1.      Memahami konsep teknologi Pendidikan
2.      Memahami tujuan teknologi pendidikan
3.      Mampu melakukan analisa permasalahan teknologi pendidikan
4.      Mampu melakukan analisa masalah belajar dalam pendidikan

III.             Indikator Kompetensi
1.      Menjelasakan pengertian Teknologi Pendidikan
2.      Menjelaskan Tujuan Teknologi Pendidikan
3.      Menjelaskan Manfaat teknologi pendidikan
4.      Menjelaskan permasalahan pendidikan
5.      Menjelaskan kontribusi teknologi pendidikan dalam pengembangan SDM
6.      Menjelaskan penerapan dan pengembangan teknologi pendidikan

IV.             INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menyelesaikan dengan baik semua tes yang diberikan
2.      Memperoleh nilai tes UTS
3.      Memperoleh nilai perorangan dari tugas kelompok
4.      Memperoleh nilai kelompok dari kelompok
5.      Mengikuti semua kegiatan kuliah dan berpartisipasi aktif dalam diskusi serta aktif bertanya saat diskusi
6.      Apabila tidak hadir maka diberikan tugas membahas secara tertulis ( maksimum 3 halaman, kertas A4 jarak 1 ½ spasi. Pokok bahasan yang tidak sempat dihadiri. Pembahasan tertulis itu harus diserahkan kepada dosen selambat-lambatnya 2 minggu setelah pokok bahasan yang bersangkutan di kelas. Pembahsan itu dapat dinilai sebagai nilai kehadiran.
7.      Bekerjasama dalam kelompok  (terdiri dari 4-5 orang) untuk:
a.       Memilih, menyajikan dan membahas topic yang telah dipilih
b.      Memberikan penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian

V.                Materi Pokok dan tatap muka
Pertemuan
Topik
Strategi
Pertemuan
1
Orientasi perkuliahan
Brainstroming, diskusi, presentasi dosen
Pertemuan
2
Konsep Teknologi Pendidikan
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
Pertemuan
3
Pengembangan Teknologi Pendidikan
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
Pertemuan
4
Penerapan Teknologi Pendidikan

Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
Pertemuan
5
Teknologi  Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
6
Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan  Jarak Jauh

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
7
Mid Test/ UTS

Pertemuan
8

Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
9

Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan Kompetensi Guru

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
10
Perkembangan Teknologi  Komunikasi dan Dampaknya terhadap Pendidikan

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
11
Strategi Pembelajaran
Presentasi kelompok dan diskusi
Pertemuan
12
Metode Pembelajaran

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
13
Pembelajaran Berbasis Masalah

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
14
Pembelajaran Berbasis Komputer

Presentasi Kelompok ,Diskusi, praktek
Pertemuan
15
Blended Learning  ( Pembelajaran Kombinasi)

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
16
                    Final Test/ UAS



VI.              Stategi Pembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
VII.            Penilaian
Penilaian di dasarkan pada 6 kriteria
Kehadiran                                      : 10%
Nilai tugas individu dan kelompok            : 25%
Nilai UTS                                       : 25%
Nilai UAS                                      : 40%
VIII.         Kriteria Evaluasi Hasil Belajar:
>80                        = A
66 – 79      =B
56-65         =C
40-54         =D
<39                        =E
IX.              Sumber Belajar/Refesensi
Yusufhadi Miarso. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan: Kencana, 2008
 Wina Sanjaya. Stategi Pembelajaran: Kencana, 2006

Mengetahui dan Menyetujuai                                             Jakarta, April 2019
Ketuan Prodi MPI                                                              Dosen Pengampu


Dr. H. Madali, M.Pd                                                         Teni Nurrita, M.Pd






        

Daftar pokok bahasan untuk tugas kelompok:
1.      Teknologi  Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah
2.      Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan  Jarak Jauh
3.      Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
4.      Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan Kompetensi Guru
5.      Perkembangan Teknologi  Komunikasi dan Dampaknya terhadap Pendidikan
6.      Strategi Pembelajaran
7.      Metode Pembelajaran
8.      Pembelajaran Berbasis Masalah
9.      Pembelajaran Berbasis Komputer
10.  Blended Learning  ( Pembelajaran Kombinasi)



Times New Roman
Ukuran 12
Spasi 1,5/ 2

Tugas Individu:
Membuat suatu teknologi dalam pendidikan di buat di power point


Blog:  catatankegiatanteni.blogspot.com
Hp: 085214020851

Tidak ada komentar:

Posting Komentar