SILABUS
Mata Kuliah
: Teknologi Pendidikan
Kode :
Program Studi : S1 Managemen Pendidikan Islam
Semester :
II
Bobot :
2 SKS
I.
Standar Kompetensi
Mahasiswa
diharapkan mampu memahami konsep
teknologi pendidikan, tujuan teknologi pendidikan, permasalahan teknologi
pendidikan yang sesuai dengan pendidikan yang ada di Indonesia sehingga dapat
mengatasi masalah belajar dalam berbagai kondisi dan situasi. Dengan teknologi
pendidikan diharapkan pendidikan dapat berkembang mengikuti perkembangan zaman
di era global dan memberikan kontribusi dalam pemngembangan SDM.
II.
Kompetensi Dasar
1. Memahami
konsep teknologi Pendidikan
2. Memahami
tujuan teknologi pendidikan
3. Mampu
melakukan analisa permasalahan teknologi pendidikan
4. Mampu
melakukan analisa masalah belajar dalam pendidikan
III.
Indikator Kompetensi
1. Menjelasakan
pengertian Teknologi Pendidikan
2. Menjelaskan
Tujuan Teknologi Pendidikan
3. Menjelaskan
Manfaat teknologi pendidikan
4. Menjelaskan
permasalahan pendidikan
5. Menjelaskan
kontribusi teknologi pendidikan dalam pengembangan SDM
6. Menjelaskan
penerapan dan pengembangan teknologi pendidikan
IV.
INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menyelesaikan
dengan baik semua tes yang diberikan
2. Memperoleh
nilai tes UTS
3. Memperoleh
nilai perorangan dari tugas kelompok
4. Memperoleh
nilai kelompok dari kelompok
5. Mengikuti
semua kegiatan kuliah dan berpartisipasi aktif dalam diskusi serta aktif
bertanya saat diskusi
6. Apabila
tidak hadir maka diberikan tugas membahas secara tertulis ( maksimum 3 halaman,
kertas A4 jarak 1 ½ spasi. Pokok bahasan yang tidak sempat dihadiri. Pembahasan
tertulis itu harus diserahkan kepada dosen selambat-lambatnya 2 minggu setelah
pokok bahasan yang bersangkutan di kelas. Pembahsan itu dapat dinilai sebagai
nilai kehadiran.
7. Bekerjasama
dalam kelompok (terdiri dari 4-5 orang) untuk:
a. Memilih,
menyajikan dan membahas topic yang telah dipilih
b. Memberikan
penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian
V.
Materi Pokok dan tatap muka
Pertemuan
|
Topik
|
Strategi
|
Pertemuan
1
|
Orientasi perkuliahan
|
Brainstroming, diskusi, presentasi
dosen
|
Pertemuan
2
|
Konsep Teknologi Pendidikan
|
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
Pertemuan
3
|
Pengembangan Teknologi Pendidikan
|
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
Pertemuan
4
|
Penerapan Teknologi Pendidikan
|
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
Pertemuan
5
|
Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan
di Sekolah
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
6
|
Teknologi Pendidikan dalam
Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan
Jarak Jauh
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
7
|
Mid Test/ UTS
|
|
Pertemuan
8
|
Teknologi Pendidikan untuk
meningkatkan kualitas pendidikan
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
9
|
Teknologi
Pendidikan untuk meningkatkan Kompetensi Guru
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
10
|
Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya terhadap
Pendidikan
|
Presentasi
Kelompok
dan Diskusi
|
Pertemuan
11
|
Strategi
Pembelajaran
|
Presentasi
kelompok dan diskusi
|
Pertemuan
12
|
Metode
Pembelajaran
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
13
|
Pembelajaran Berbasis Masalah
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
14
|
Pembelajaran Berbasis Komputer
|
Presentasi
Kelompok ,Diskusi, praktek
|
Pertemuan
15
|
Blended
Learning ( Pembelajaran Kombinasi)
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
16
|
Final Test/ UAS
|
|
VI.
Stategi
Pembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
VII.
Penilaian
Penilaian di dasarkan
pada 6 kriteria
Kehadiran : 10%
Nilai tugas individu
dan kelompok : 25%
Nilai UTS : 25%
Nilai UAS : 40%
VIII.
Kriteria
Evaluasi Hasil Belajar:
>80 = A
66 – 79 =B
56-65 =C
40-54 =D
<39 =E
IX.
Sumber
Belajar/Refesensi
Yusufhadi Miarso.
Menyemai Benih Teknologi Pendidikan: Kencana, 2008
Wina Sanjaya. Stategi Pembelajaran: Kencana,
2006
Mengetahui dan
Menyetujuai Jakarta,
April 2019
Ketuan Prodi MPI Dosen
Pengampu
Dr. H. Madali, M.Pd Teni
Nurrita, M.Pd
Daftar pokok bahasan untuk tugas kelompok:
1.
Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan
di Sekolah
2.
Teknologi
Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
3.
Teknologi
Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
4.
Teknologi
Pendidikan untuk meningkatkan Kompetensi Guru
5.
Perkembangan
Teknologi Komunikasi dan Dampaknya
terhadap Pendidikan
6.
Strategi
Pembelajaran
7.
Metode
Pembelajaran
8. Pembelajaran
Berbasis Masalah
9. Pembelajaran
Berbasis Komputer
10. Blended
Learning ( Pembelajaran Kombinasi)
Times
New Roman
Ukuran
12
Spasi
1,5/ 2
Tugas
Individu:
Membuat
suatu teknologi dalam pendidikan di buat di power point
Email: teninurhazet2@gmail.com
Blog:
catatankegiatanteni.blogspot.com
Hp: 085214020851
Tidak ada komentar:
Posting Komentar