Sabtu, April 28

Materi Pemikiran Pend Islam



Pemikiran pendidikan Islam
By: Teni Nurrita

Hakekat dari pendidikan adalah memerangi kebodohan, karena itu sabda Rasulullah s.a.w " Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim". Hadits ini menisbatkan siapa yang dirinya Islam, maka wajib atasnya mencari ilmu pengetahuan (belajar) agar menjadi orang yang pandai sebagaimana firman Allah ’Azza Wajalla Artinya : ”Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (Q.S Al-’Alaq : 1-5). 

Pemikiran berasal dari kata dasar pikir, berarti proses, cara atau perbuatan memikir yaitu menggunakan akal budi untuk memutuskan suatu persoalan dengan mempertimbangkan segala sesuatu secara bijaksana. 

Pemikiran dapat diartikan sebagai upaya cerdas (ijtihady) dari proses kerja akal dan kalbu untukmelihat fenomena dan berusaha mencari penyelesaiannya secara bijaksana
Pendidikan, secara umum berarti suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang (peserta didik) dalam usaha mendewasakan manusia (peserta didik),melalui upaya pengajaran dan latihan. Serta proses perbuatan dan cara-cara mendidik.
 
Definisi Pendidikan:Bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik  terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian utama. (Marimba (1989:19) 

Pendidikan  Islam dalam  tafsir  pendidikan (menurut) Islam adalah suatu pandangan yang didasari pengertian bahwa Islam  adalah ajaran tentang nilai- nilai  dan norma-norma kehidupan yang ideal, yang bersumber dari al-Qur’an dan al-Sunnah.

Pendidikan menurut Islam, dapat dipahami  sebagia ide-ide, konsep-konsep, nilai-nilai dan norma-norma kependidikan, sebagaimana yang dapat dipahami  dan dianalisis serta dikembangkan dari sumber otentik ajaran Islam, yaitu  al-Qur’an dan al-Sunnah.

Pendidikan  Islam  dalam tafsir  pendidikan Islam  berdasarkan sudut pandang, bahwa  Islam adalah ajaran-ajaran, sistem budaya  dan peradaban yang tumbuh  dan berkembang  serta didukung oleh umat Islam  sepanjang sejarah, sejak zaman Nabi Muhammad SAW, sampai masa sekarang.

Pendidikan dalam Islam adalah “proses dan praktek penyelenggaraan pendidikan dikalangan umat Islam yang berlangsung secara berkesinambungan dari generasi ke generasi dalam  rentangan sejarah Islam”.

Dalam bahasa arab pengertian kata pendidikan sering digunakan pada beberapa istilah antara lain:
 Al-Ta’lim yaitu bersifat pemberian atau penyampaian pengertian pengetahuan dan keterampilan.,
 Al-Tarbiyah yaitu mengasuh, mendidik dan memelihara dalam leksikal al-qur’an penunjukkan kata al-tarbiyaha yang merujuk pada pengertian pendidikan secara implisit tidak dikemukakan.
Secara esensial kata al-tarbiyah mengandung dua makna yaitu: adalah merupakan proses transformasi sesuatu sampai pada batas kesempurnaan (kedewasaan) dan dilakukan secara bertahap.
 Al-Ta’dib yaitu proses mendidik yang lebih tertuju pada pembinaan dan penyempurnaan akhlak atau budi pekerti peserta didik.
 
Definisi Pendidikan Islam
            Pendidikan Islam adalah serangakaian pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh lembaga pendidikan Islam kepada peserta didiknya untuk mengembangkan dan membina potensi mereka dengan sempurna dan integral, baik akal, fisik, dan emosional mereka serta meluruskan moralitas dan akhlak mereka searah dengan kemampuan yang mereka miliki untuk dapat memakmurkan  dan membangun dunia  ini sesuai dengan sistem Allah dan syari’atnya (Ali Ahmad Madkur 1990).
 
Hasan Langgulung merumuskan pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat.
Menurut Athiyah Al-Abrasy, pendidikan Islam adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya, pola pikirnya teratur dengan rapi, perasaannya halus, profesiaonal dalam bekerja dan manis tutur sapanya. 

MarimbaAhmad D.  memberikan pengertian bahwa pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.
Dari definisi dan pengertian diatas  ada tiga unsur yang membentuk pendidikan yaitu adanya proses, kandungan, dan penerima.
Kemudian disimpulkan lebih lanjut yaitu ” sesuatu yang secara bertahap ditanamkan ke dalam diri manusia”.

Pemikiran pendidikan islam adalah proses kerja akal dan kalbu yang dilakukan secara bersungguh-sungguh dalam melihat berbagai persoalan yang ada dalam pendidikan islam dan berupaya untuk membangun sebuah peradaban pendidikan yang mampu menjadi wahana bagi pembinaan dan pengembangan peserta didik secara paripurna. (Syamsul Nizar)
Sumber Belajar/Refesensi

Abudddin Nata. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada,2000
M. Sukardo & Ukim Komarudin. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012
Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya: 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar