SILABUS
Mata Kuliah
: Pemikiran Pendidikan Islam
Kode :
Program Studi : S1 Managemen Pendidikan Islam
Semester :
II
Bobot :
2 SKS
I.
Standar Kompetensi
Mahasiswa
diharapkan mampu memahami konsep
pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, permasalahan pendidikan Islam yang ada di Indonesia.
Mahasiswa dapat menganalisis pendidikan sehingga sebagai calon
pendidik/praktisi dapat merumuskan konsep pendidikan Islam
II.
Kompetensi Dasar
1. Memahami
konsep Pendidikan Islam
2. Memahami
tujuan pendidikan Islam
3. Mampu
melakukan analisa permasalahan pendidikan
Islam
4. Mampu
berfikir kritis dalam mengembangkan pendidikan Islam di era global
III.
Indikator Kompetensi
1. Menjelasakan
pengertian Pendidikan Islam
2. Menjelaskan
Tujuan Pendidikan Islam
3. Menjelaskan
Manfaat pendidikan Islam
4. Menjelaskan
permasalahan pendidikan Islam
IV.
INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menyelesaikan
dengan baik semua tes yang diberikan
2. Memperoleh
nilai tes UTS
3. Memperoleh
nilai perorangan dari tugas kelompok
4. Memperoleh
nilai kelompok dari kelompok
5. Mengikuti
semua kegiatan kuliah dan berpartisipasi aktif dalam diskusi serta aktif
bertanya saat diskusi
6. Apabila
tidak hadir maka diberikan tugas membahas secara tertulis ( maksimum 3 halaman,
kertas A4 jarak 1 ½ spasi. Pokok bahasan yang tidak sempat dihadiri. Pembahasan
tertulis itu harus diserahkan kepada dosen selambat-lambatnya 2 minggu setelah
pokok bahasan yang bersangkutan di kelas. Pembahasan itu dapat dinilai sebagai
nilai kehadiran.
7. Bekerjasama
dalam kelompok (terdiri dari 3 orang)
untuk:
a. Memilih,
menyajikan dan membahas topic yang telah dipilih
b. Memberikan
penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian
8. Secara
perorangan membuat review atau ulasan suatu artikel ilmiah pemikiran pendidikan
islam yang diambil dari jurnal pendidikan atau internet. Review ini harus
berlainan untuk tiap mahasiswa. Dikumpulkan sebelum UAS
V.
Materi Pokok dan tatap muka
Pertemuan
|
Topik
|
Strategi
|
Pertemuan
1
|
Orientasi perkuliahan
|
Brainstroming, diskusi, presentasi
dosen
|
Pertemuan
2
|
Konsep Pendidikan Islam
|
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
Pertemuan
3
|
Karakteristik Pendidikan Islam
|
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
Pertemuan
4
|
Peran Guru
dalam Pendidikan Islam
|
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
Pertemuan
5
|
Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Islam
|
Presentasi Dosen, dan Diskusi
|
Pertemuan
6
|
Media
Pembelajaran Pendidikan Islam
|
Presentasi Dosen, Diskusi dan Praktek
|
Pertemuan
7
|
Pendidikan Islam Modern dan Tradisional
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
8
|
Mid Test/ UTS
|
|
Pertemuan
9
|
Pemikiran pendidikan Islam Nasional
maupun Internasional
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
10
|
Pemikiran pendidikan Islam Nasional
maupun Internasional
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
11
|
Pemikiran pendidikan Islam Nasional
maupun Internasional
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
12
|
Pengembangan Pendidikan Islam di Sekolah
|
Presentasi Kelompok dan Diskusi
|
Pertemuan
13
|
Tantangan Pendidikan Islam di Era Global
|
Presentasi Dosen dan Diskusi
|
Pertemuan
14
|
Inovasi Pendidikan
|
Presentasi Dosen dan Diskusi
|
Pertemuan
15
|
Pendidikan
Islam untuk meningkatkan kualitas SDM
|
Presentasi Dosen dan Diskusi
|
Pertemuan
16
|
Final Test/ UAS
|
VI.
Stategi Pembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya
Jawab
VII.
Penilaian
Penilaian
di dasarkan pada criteria :
Kehadiran : 10%
Nilai
tugas individu dan kelompok :
25%
Nilai
UTS : 25%
Nilai
UAS : 40%
VIII. Kriteria
Evaluasi Hasil Belajar:
>85 = A
70
– 84 =B
55-69 =C
40-54 =D
<39 =E
IX.
Sumber Belajar/Refesensi
Wina
Sanjaya. Stategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2006
Abudddin
Nata. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada,2000
M.
Sukardo & Ukim Komarudin. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012
Ahmad
Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya:
2005
Mengetahui
dan Menyetujuai Jakarta,
April 2018
Ketuan
Prodi MPI Dosen
Pengampu
Dr. H. Madali, M.Pd Teni Nurrita,
M.Pd
Daftar pokok bahasan
untuk tugas kelompok:
1. Pendidikan
Islam Modern dan Tradisional (kelompok
1)
2. Pemikiran
para tokoh pendidikan Islam (Nasional
atau Internasional) (kelompok 2)
3. Pemikiran para tokoh pendidikan Islam (Nasional atau Internasional)
(kelompok 3)
4. Pemikiran para tokoh pendidikan Islam (Nasional atau
Internasional) (kelompok 4)
5. Pengembangan
Pendidikan Islam di Sekolah (kelompok 5)
6.
Tantangan Pendidikan Islam di Era Global
PARA TOKOH PENDIDIKAN ISLAM:
Ø Konsep
Pendidikan Islam IBN MISKAWAIH
Ø Konsep
Pendidikan Islam AL - QABISI
Ø Konsep
Pendidikan Islam AL- MAWARDI
Ø Konsep
Pendidikan Islam IBN SINA
Ø Konsep
Pendidikan Islam AL-GHAZALI
Ø Konsep
Pendidikan Islam BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI
Ø Konsep
Pendidikan Islam IBN JAMA’AH
Ø Konsep
Pendidikan Islam IBN TAIMIYAH
Ø Konsep
Pendidikan Islam ABDULLAH AHMAD
Ø Konsep
Pendidikan Islam K.H. AHMAD SANUSI
Ø Konsep
Pendidikan Islam IKHWAN AL-MUSLIMIN
Ø Konsep
Pendidikan Islam K.H. IMAM ZARKASYI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar