Kamis, April 26

Silabus Perencanaan Sistem Kependidikan islam



SILABUS
Mata Kuliah    : PerencanaanSistemKependidikan Islam
Kode               :
Program Studi :  S1 ManagemenPendidikan Islam
Semester          : II
Bobot              : 2 SKS

I.                   StandarKompetensi
II.                Mahasiswadiharapkan mampu memahami konsep yang harus dipersiapkan dalam menyusun perencanaan system pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, permasalahan pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Mahasiswa dapat menelaah aspek-aspekpendidikan yang berkaitan dengan perencanaan pendidikan Islam

III.             KompetensiDasar
1.      Menguasai konsep dasar perencanaan Pendidikan Islam
2.      Memahami konsep, kedudukan dan fungsi perencanaan pendidikan Islam
3.      Mampumelakukan desain perencanaan pendidikan  Islam
4.      Mampu berfikir kreatif dan inofatif dalam menyusun perencanaan pendidikan Islam
           
IV.             IndikatorKompetensi
1.      Menjelasakan pengertian perencanaan Pendidikan Islam
2.      Menjelaskankonsep, kedudukan dan fungai perencanaan Pendidikan Islam
3.      Menjelaskan desaign perencanaan pendidikan Islam
4.      Menjelaskan komponen perencanaanpendidikan Islam


V.                INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menyelesaikan dengan baik semua tes yang diberikan
2.      Memperoleh nilaites UTS
3.      Memperoleh nilai perorangan dari tugas kelompok
4.      Memperoleh nilai kelompok dari kelompok
5.      Mengikuti semua kegiatan kuliah dan berpartisipasi aktif dalam diskusi serta aktif bertanyasaatdiskusi
6.      Apabila tidak hadir maka diberikan tugas membahas secara tertulis( maksimum 3 halaman, kertas A4 jarak 1 ½ spasi. Pokokbahasan yang tidak sempat dihadiri. Pembahasan tertulis itu harus diserahkan kepada dosen selambat-lambatnya 2 minggu setelah pokok bahasan yang bersangkutan di kelas. Pembahasan itu dapat dinilai sebagai nilai kehadiran.
7.      Bekerjasama dalam kelompok  (terdiridari 3 orang) untuk:
a.       Memilih, menyajikandanmembahas topic yang telahdipilih
b.      Memberikan penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian

VI.             Materi Pokok dan tatap muka
Pertemuan
Topik
Strategi
Pertemuan
1
Orientasi perkuliahan
Brainstroming, diskusi, presentasidosen
Pertemuan
2
Dasar Sistem Pengajaran/ Pendidikan
PresentasiDosen,Ceramah, tanyajawab
Pertemuan
3
Konsep Perencanaan Pendidikan
PresentasiDosen,Ceramah, tanyajawab
Pertemuan
4
Sistem pengajaran/pendidikan Islam di sekolah
PresentasiDosen,Ceramah, tanyajawab
Pertemuan
5
Tujuan pengajaran/pendidikan Islam

Presentasi Dosen, danDiskusi
Pertemuan
6
Prosedur Pengajaran/Pendidikan
Presentasi Dosen, danDiskusi
Pertemuan
7
Model model perencanaanPendidikan Islam
Presentasi KelompokdanDiskusi
Pertemuan
8

Mid Test/ UTS

Pertemuan
9

Model model perencanaan Pendidikan Islam
Presentasi KelompokdanDiskusi
Pertemuan
10
Metode perencanaan Pendidikan Islam
Presentasi KelompokdanDiskusi
Pertemuan
11
Design pengembangan dan penerapan pembelajaran kognitif, afektif dan psikomotor dalamPendidikan  Islam
Presentasi KelompokdanDiskusi
Pertemuan
12
Design pengembangan dan penerapan pembelajaran kognitif, afektif dan psikomotor dalamPendidikan  Islam
Presentasi KelompokdanDiskusi
Pertemuan
13
Jenis dan Jenjang PerencanaanPendidikan
Presentasi DosendanDiskusi
Pertemuan
14
Tekhnik rencana pembelajaran Pendidikan Islam

Presentasi DosendanDiskusi
Pertemuan
15
Menetapkan  Program Rencana Pendidikan

Presentasi DosendanDiskusi
Pertemuan
16
        Final Test/ UAS



VII.          StategiPembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab

VIII.       Penilaian
Penilaian di dasarkan pada criteria :
Kehadiran                                                 : 10%
Nilai tugas individu dan kelompok           : 25%
Nilai UTS                                                  : 25%
Nilai UAS                                                 : 40%

IX.             KriteriaEvaluasiHasilBelajar:
>85                        = A
70 – 84                  =B
55-69                     =C
40-54                     =D
<39                        =E

X.                SumberBelajar/Refesensi
WinaSanjaya. StrategiPembelajaran. Jakarta: Kencana, 2006
Nana SyaodihSukmadinata.PengembanganKurikulum.Bandung: PT.RemajaRosdakarya, 2012
OemarHamalik. PerencanaanPengajaranBerdasarkanPendekatanSistem. Jakarta: BumiAksara, 2009
SyarifHidayat&SumaryatiTjitrosoemarto.PerencanaanPendidikan.Tangerang:PTPustakaMandiri, 2015



Mengetahui dan Menyetujui                                 Jakarta, April 2018
KetuaJurusan MPI                                                            Dosen Pengampu



    Dr. H. Madali, M.Pd                                            Teni Nurrita, M.Pd



Tugas kelompok:
Membuat makalah kelompok 3 orang dengan tema:
ü  Model model perencanaan Pendidikan
ü  Metode perencanaan Pendidikan Islam
ü  StrategidanMedia Pembelajaran Pendidikan Islam

Tugas Individu:
Membuat Resume dari buku perencanaan pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar