SILABUS
Mata Kuliah
: PerencanaanSistemKependidikan Islam
Kode :
Program Studi : S1 ManagemenPendidikan Islam
Semester :
II
Bobot :
2 SKS
I.
StandarKompetensi
II.
Mahasiswadiharapkan mampu memahami konsep
yang harus dipersiapkan dalam menyusun perencanaan system pendidikan Islam,
tujuan pendidikan Islam, permasalahan pendidikan Islam yang ada di Indonesia.
Mahasiswa dapat menelaah aspek-aspekpendidikan yang berkaitan dengan perencanaan
pendidikan Islam
III.
KompetensiDasar
1. Menguasai
konsep dasar perencanaan Pendidikan Islam
2. Memahami
konsep, kedudukan dan fungsi perencanaan pendidikan Islam
3. Mampumelakukan
desain perencanaan pendidikan Islam
4. Mampu
berfikir kreatif dan inofatif dalam menyusun perencanaan pendidikan Islam
IV.
IndikatorKompetensi
1. Menjelasakan
pengertian perencanaan Pendidikan Islam
2. Menjelaskankonsep,
kedudukan dan fungai perencanaan Pendidikan Islam
3. Menjelaskan
desaign perencanaan pendidikan Islam
4. Menjelaskan
komponen perencanaanpendidikan Islam
V.
INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menyelesaikan
dengan baik semua tes yang diberikan
2. Memperoleh
nilaites UTS
3. Memperoleh
nilai perorangan dari tugas kelompok
4. Memperoleh
nilai kelompok dari kelompok
5. Mengikuti
semua kegiatan kuliah dan berpartisipasi aktif dalam diskusi serta aktif bertanyasaatdiskusi
6. Apabila
tidak hadir maka diberikan tugas membahas secara tertulis( maksimum 3 halaman,
kertas A4 jarak 1 ½ spasi. Pokokbahasan yang tidak sempat dihadiri. Pembahasan tertulis
itu harus diserahkan kepada dosen selambat-lambatnya 2 minggu setelah pokok bahasan
yang bersangkutan di kelas. Pembahasan itu dapat dinilai sebagai nilai kehadiran.
7. Bekerjasama
dalam kelompok (terdiridari 3 orang)
untuk:
a. Memilih,
menyajikandanmembahas topic yang telahdipilih
b. Memberikan
penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian
VI.
Materi Pokok dan tatap muka
Pertemuan
|
Topik
|
Strategi
|
Pertemuan
1
|
Orientasi perkuliahan
|
Brainstroming, diskusi,
presentasidosen
|
Pertemuan
2
|
Dasar Sistem Pengajaran/ Pendidikan
|
PresentasiDosen,Ceramah, tanyajawab
|
Pertemuan
3
|
Konsep Perencanaan Pendidikan
|
PresentasiDosen,Ceramah, tanyajawab
|
Pertemuan
4
|
Sistem pengajaran/pendidikan
Islam di sekolah
|
PresentasiDosen,Ceramah, tanyajawab
|
Pertemuan
5
|
Tujuan pengajaran/pendidikan
Islam
|
Presentasi Dosen, danDiskusi
|
Pertemuan
6
|
Prosedur Pengajaran/Pendidikan
|
Presentasi Dosen, danDiskusi
|
Pertemuan
7
|
Model model perencanaanPendidikan
Islam
|
Presentasi KelompokdanDiskusi
|
Pertemuan
8
|
Mid Test/ UTS
|
|
Pertemuan
9
|
Model model perencanaan Pendidikan
Islam
|
Presentasi KelompokdanDiskusi
|
Pertemuan
10
|
Metode perencanaan Pendidikan Islam
|
Presentasi KelompokdanDiskusi
|
Pertemuan
11
|
Design
pengembangan dan penerapan pembelajaran kognitif, afektif dan psikomotor dalamPendidikan Islam
|
Presentasi KelompokdanDiskusi
|
Pertemuan
12
|
Design
pengembangan dan penerapan pembelajaran kognitif, afektif dan psikomotor dalamPendidikan Islam
|
Presentasi KelompokdanDiskusi
|
Pertemuan
13
|
Presentasi DosendanDiskusi
|
|
Pertemuan
14
|
Tekhnik rencana pembelajaran Pendidikan
Islam
|
Presentasi DosendanDiskusi
|
Pertemuan
15
|
Menetapkan Program Rencana Pendidikan
|
Presentasi DosendanDiskusi
|
Pertemuan
16
|
Final Test/ UAS
|
|
VII.
StategiPembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya
Jawab
VIII. Penilaian
Penilaian
di dasarkan pada criteria :
Kehadiran : 10%
Nilai
tugas individu dan kelompok :
25%
Nilai
UTS : 25%
Nilai
UAS : 40%
IX.
KriteriaEvaluasiHasilBelajar:
>85 = A
70
– 84 =B
55-69 =C
40-54 =D
<39 =E
X.
SumberBelajar/Refesensi
WinaSanjaya.
StrategiPembelajaran. Jakarta: Kencana, 2006
Nana
SyaodihSukmadinata.PengembanganKurikulum.Bandung: PT.RemajaRosdakarya, 2012
OemarHamalik.
PerencanaanPengajaranBerdasarkanPendekatanSistem. Jakarta: BumiAksara, 2009
SyarifHidayat&SumaryatiTjitrosoemarto.PerencanaanPendidikan.Tangerang:PTPustakaMandiri,
2015
Mengetahui
dan Menyetujui Jakarta,
April 2018
KetuaJurusan
MPI Dosen
Pengampu
Dr. H. Madali, M.Pd Teni Nurrita, M.Pd
Tugas kelompok:
Membuat makalah kelompok
3 orang dengan tema:
ü Model
model perencanaan Pendidikan
ü Metode
perencanaan Pendidikan Islam
ü StrategidanMedia
Pembelajaran Pendidikan Islam
Tugas Individu:
Membuat Resume dari buku perencanaan
pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar