Sabtu, April 28

Materi Perencanaan Sistem Kependidikan Islam



Perencanaan Sistem Kependidikan islam
By: Teni Nurrita
Menurut Albert Silalahi: Perencanaan merupakan kegiatan menetapkan tujuan serta merumuskan dan mengatur pendayagunaan manusia, informasi, financial, metode dan waktu untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan 

Willian H Newman : Perencanaan adalah menentukan apa yang dilakukan. Perencanaan mengandung rangkaian putusan yang luas dan penjelasan-penjelasan dari tujuan, penentuan kebijakan, penentuan program , penentuan metode-metode dan prosedur tertentu dan menentukan kegiatan berdasarkan jadwal sehari-hari 

Sistem adalah seperangkat komponen atau unsur unsur yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan
Epistemologi    :          Kata Sistem berasal dari bahasa Yunani yaitu “Systema” yang berarti himpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan satu keseluruhan yang tidak terpisahkan satu dengan lainnya 

Pendidikan berasal dari kata 
 
“Pedagogi”: Pendidikan
“Pedagogia”: Ilmu pendidikan
Pedagogia berasal dari bahasa Yunani  yaitu “Paedagos” dan “Agogie” yang berarti saya membimbing, memimpin anak 

Menurut UU No 20 tahun 2003:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara efektif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara 

Pengertian Perencanaan Pendidikan
Guruge: Proses mempersiapkan kegiatan di masa depan dalam bidang pembangunan pendidikan
Albert Weteston: Investasi pendidikanyang dapat dijalankan dan kegiatan-kegiatan pembangunan lain yang didasarkan atas pertimbangan ekonomi dan biaya serta keuntungan sosial
Comb: Merupakan aplikasi analisis rasional dan sistematik dalam proses pengembangan pendidikan yang bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pendidikan dalam usahanya memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan baik tujuan yang berhubungan dengan anak didik maupun masyarakat 

Pendidikan sebagai sebuah system memiliki beberapa fungsi:

Planning
·         Mengkaji kebijakan relevan
·         Menganalisis kondisi sekolah
·         Merumuskan tujuan
·         Mengumpulkan data dan informasi
·         Menganalisis data dan informasi
·         Merumuskan alternatif, menetapkan alternatif program
·         Menetapkan langkah-langkah kegiatan 

Organizing
·         What: Objek apa
·         Who: Siapa
·         When: Kapan
·         What is is the puspose? : Tujuan apa yang hendak dicapai?

Actuiting
Aksi: Menggerahkan setiap organisasi untuk bersama-sama melakukan kegiatan dalam mencapai tujuan pendidikan 

Controlling
Melakukan pengawasan terhadap setiap elemen agar dapat diantisipasi kelemahan, efektivitas dan efisiensi 


 Lanjutan


5 Pokok dalam konsep perencanaan:
  1. Adanya tujuan yang hendak dicapai dari sesuatu yang direncanakan
  2. Adanya rangkaian kegiatan yang tersusun sistematis yang disusun untuk mencapai tujuan
  3. Sumber daya manusia yang akan melaksanakan rencana yang disusun untuk mencapai tujuan
  4. Penetapan jangka waktu kapan rencana akan dilaksanakan
  5. Penterjemahan rencana ke dalam program yang kongkrit dan nyata serta mudah dilaksanakan
Tujuan Perencanaan Pendidikan:
  1. Menyajikan rancangan keputusan atasan untuk disetujui pejabat yang berwenang
  2. Menyediakan pola kegiaatan-kegiatan secara matang bagi berbagai bidang atau satuan kerja yang bertanggungjawab melakukan kebijakan
  3. Mencari kebenaran atas fakta-fakta yang diperoleh atau yang akan dilaksanakan agar dapat diterima oleh stakr holder pendidikan
  4. Menentukan tindaakan yang akan dilakukan dan diorientasikan pada masa depan
  5. Meyakini secara logis dan rasional kepada stake holder pendidikan terhadap pendidikan
Fungsi perencanaan pendidikan:
  1. Sebagai pola dasar dan petunjuk dalam mengambil keputusan tentang bagaimana mencapai tujuan dan jalan apa yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut
  2. Sebagai pedoman pelaksanaan dan pengendalian pelaksanaan pendidikan
  3. Sebagai alat bagi perkembangan penjaminan kualitas pendidikan
  4. Sebagai upaya untuk memenuhi dan mewujudkan akuntabilitas lembaga pendidikan
  5. Mempersiapkan keputusan-keputusan ,alternatif-alternatif kebijakan untuk kegiatan masa depan pembangunan pendidikan
  6. Perencanaan merupakan bagian dari fungsi-fungsi managemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian pengarahan, kordinasi, kepemimpinan, komunikasi, pengawasan.
  7. Pengawasan perencanaan merupakan kegiatan managemen dalam melaksanakan fungsi yang ada, yaitu manusia, sarana, biaya, teknologi dan informasi secara bermutu, efektif dan efisien serta memiliki relevansi atas dasar kreativitas dalam pelaksanaan dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan peserta didik dan masyarakat

Hubungan perencanaan pendidikan  dengan managemen pendidikan
Perencanaan merupakan bagian dari fungsi-fungsi managemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian pengarahan, kordinasi, kepemimpinan, komunikasi, pengawasan.
Pengawasan perencanaan merupakan kegiatan managemen dalam melaksanakan fungsi yang ada, yaitu manusia, sarana, biaya, teknologi dan informasi secara bermutu, efektif dan efisien serta memiliki relevansi atas dasar kreativitas dalam pelaksanaan dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan peserta didik dan masyarakat
Sistem Pengajaran

Pendidikan lebih menitikberetkan pada pembentukan dan pengembangan kepribadian
Latihan (Training) lebih menekankan pada pembentukan ketrampilan (skill)
Pendidikan dilaksanakan: Lingkungan sekolah
Latihan : lingkungan Industri
Perbedaan kedua istilah tersebut dipadukan dalam suatu sistem proses yang disebut pengajaran (Instructional)
Tahap Sistem Pengajaran:
       Analisis (menentukan dan merumuskan tujuan)
       Sistesis(perencanaan proses yang akan ditempuh)
       Evaluasi (mengetes tahap pertama dan kedua)

Pengertian Teknologi Pendidikan
Meliputi semua kegiatan inovasi pendidikan
       Konsep teknologi pendidikan  sebagai proses: memandang teknologi sebagai suatu yang diperbuat oleh manusia dengan menggunakan yang mereka ketahui dan mengerjakan secara kreatif
       Konsep teknologi pendidika sebagai suatu produk: sesuatu yang ada, yang dapat dilihat, diraba, diukur.


Perencanaan dalam Islam
       Islam mengajarkan kepada umatnya untuk merencanakan segala kegiatan
       “ Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS.Al-Hasyr:18)
       Perlu adanya perencanaan untuk masa depan, untuk diri sendiri, pemimpin keluarga, lembaga  masyarakat, pemimpin negara

Asmaul Husna
Al- Baari : Yang Maha Merencanakan
       Dengan sifat dan Asma-Nya tersebut Allah mengajarkan kepada hamba Nya agar senantiasa membuat rencana sebelum merencanakan sesuatu
       Dalam meneladani sifat  dan Asma Allah, kita hendaknya membuat rencana  dalam melakukan sesuatu
Rencana jangka panjang, menengah dan pendek
Merencanakan: membangun sebuah proses untuk sebuah sukses
Kesuksesan merupakan proses panjang yang diusahakan secara terus menerus dan berkelanjutan




Sumber Belajar/Refesensi
Oemar Hamalik. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Syarif Hidayat & Sumaryati Tjitrosoemarto. Perencanaan Pendidikan.Tangerang:PT Pustaka Mandiri, 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar