Minggu, Mei 13

MATERI LANJUTAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN



Perkembangan Konsep Teknologi Pendidikan
Pengertian Teknologi yang utama adalah proses yang meningkatkan nilai tambah.
Proses tersebut menggunakan dan menghasilkan produk yang tidak terpisah dari produk lain karena merupakan bagian dari suatu sistem.
Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, teknologi harus memenuhi syarat: Proses, Produk dan Sistem.
Objek Formal teknologi pendidikan adalah Belajar pada manusia baik sebagai pribadi maupun yang tergabung dalam organisasi.
Belajar: Dimana saja, Oleh siapa saja, dengan cara apa saja sesuai dengan kondisi dan keperluan
Pengertian atau definisi teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan penelitian, proses, sumber dan sistem untuk belajar
Ada empat komponen dalam teknologi pembelajaran:
q  Teori dan praktek
q  Desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan penelitian
q  Proses, sumber dan sistem
q  (Untuk) belajar


Pada hakekatnya teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin ilmuyang berkepentingan dengan pemecahan masalah belajar dengan berlandaskan pada serangkaian prinsip dan menggunakan berbagai macam pendekatan.
Prinsip yang dijadikan landasan teknologi pembelajaran:
  1. Lingkungan kita senantiasa berubah
  2. Jumlah penduduk semakin bertambah
  3. Sumber-sumber sedekala(tradisional) semakin terbatas
  4. Adanya hak setiap pribadi untuk dapat berkembang semaksimal mungki
  5. Masyarakat berbudaya teknologi
Pendekatan yang digunakan adalah:
  1. Pendekatan Isometrik : yang menggabungkan berbagai kajian keilmuan(psikologi, komunikasi, ekonomi, manajemen,, teknik, dll) ke dalam suatu kebulatan tersendiri
  2. Pendekatan sistematik: dengan cara berurutan dan terarah dalam usaha memecahkan persoalah
  3. Pendekatan sinegristik: yang menjamin adanya nilai tambah dari keseluruhan kegiatan dibandingkan kegiatan yang dijalankan sendiri-sendiri
  4. Sistematik: pengkajian secara menyeluruh atau komprehentif
Konsep Objek Teknologi pendidikan:
  1. Adanya sejumlah besar orang yang belum terpenuhi kesempasan belajar, melalui lembaga khusus  maupun mandiri
  2. Adanya berbagai sumber yang tersedia tetapi belum dimanfaatkan untuk keperluan belajar
  3. Perlua adanya suatu proses yang terarah dan terencana untuk menggarap sumber-sumber tersebut
  4. Perlu adanya keahlian dan pengelolaan atas kegiatan khusus  dalam mengembangkan dan memanfaatkan sumber  untuk belajar secara efektif, efisien dan selaras
Perkembangan konsep teknologi pendidikan:
v  Diawali dengan adanya alat peraga yang digunakan oleg tiap guru
v  Adannya berbagai media pengajaran
v  Adanya strategi adar siswa belajar aktif
v  Beberapa bentuk  sistem dan strategis yang berkembang:
v  Sistem SMP tekbuka dan Universitas Terbuka yang telah berkembang  dan merupakan bagian integral sistem pendidikan nasional
v  Berkembangnya berbagai strategi belajar dan pembelajaran yang inovatif seperti belajar berbasis masalah, belajar berbasis aneka sumber, pembelajaran elaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis komputer,pembelajaran melalui siaran televisi (TV Edukasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar