Perkembangan Konsep Teknologi Pendidikan
Pengertian Teknologi yang utama adalah proses yang
meningkatkan nilai tambah.
Proses tersebut menggunakan dan menghasilkan produk yang
tidak terpisah dari produk lain karena merupakan bagian dari suatu sistem.
Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, teknologi harus
memenuhi syarat: Proses, Produk dan Sistem.
Objek Formal teknologi pendidikan adalah Belajar pada
manusia baik sebagai pribadi maupun yang tergabung dalam organisasi.
Belajar: Dimana saja, Oleh siapa saja, dengan cara apa saja
sesuai dengan kondisi dan keperluan
Pengertian atau definisi teknologi pembelajaran adalah teori
dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan
penelitian, proses, sumber dan sistem untuk belajar
Ada empat komponen dalam teknologi pembelajaran:
q Teori
dan praktek
q Desain,
pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan penelitian
q Proses,
sumber dan sistem
q (Untuk)
belajar
Pada hakekatnya teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin
ilmuyang berkepentingan dengan pemecahan masalah belajar dengan berlandaskan
pada serangkaian prinsip dan menggunakan berbagai macam pendekatan.
Prinsip yang dijadikan landasan teknologi pembelajaran:
- Lingkungan kita senantiasa berubah
- Jumlah penduduk semakin bertambah
- Sumber-sumber sedekala(tradisional) semakin terbatas
- Adanya hak setiap pribadi untuk dapat berkembang semaksimal mungki
- Masyarakat berbudaya teknologi
Pendekatan yang digunakan adalah:
- Pendekatan Isometrik : yang menggabungkan berbagai kajian keilmuan(psikologi, komunikasi, ekonomi, manajemen,, teknik, dll) ke dalam suatu kebulatan tersendiri
- Pendekatan sistematik: dengan cara berurutan dan terarah dalam usaha memecahkan persoalah
- Pendekatan sinegristik: yang menjamin adanya nilai tambah dari keseluruhan kegiatan dibandingkan kegiatan yang dijalankan sendiri-sendiri
- Sistematik: pengkajian secara menyeluruh atau komprehentif
Konsep Objek Teknologi pendidikan:
- Adanya sejumlah besar orang yang belum terpenuhi kesempasan belajar, melalui lembaga khusus maupun mandiri
- Adanya berbagai sumber yang tersedia tetapi belum dimanfaatkan untuk keperluan belajar
- Perlua adanya suatu proses yang terarah dan terencana untuk menggarap sumber-sumber tersebut
- Perlu adanya keahlian dan pengelolaan atas kegiatan khusus dalam mengembangkan dan memanfaatkan sumber untuk belajar secara efektif, efisien dan selaras
Perkembangan konsep teknologi pendidikan:
v Diawali
dengan adanya alat peraga yang digunakan oleg tiap guru
v Adannya
berbagai media pengajaran
v Adanya
strategi adar siswa belajar aktif
v Beberapa
bentuk sistem dan strategis yang
berkembang:
v Sistem
SMP tekbuka dan Universitas Terbuka yang telah berkembang dan merupakan bagian integral sistem
pendidikan nasional
v Berkembangnya
berbagai strategi belajar dan pembelajaran yang inovatif seperti belajar
berbasis masalah, belajar berbasis aneka sumber, pembelajaran elaboratif,
pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis komputer,pembelajaran melalui
siaran televisi (TV Edukasi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar