Minggu, Maret 29

Metode Pembelajaran



Metode Pembelajaran Yang Melibatkan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
Oleh Teni Nurrita
Metode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan. Metode pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan guru untuk menyajikan informasi atau pengalaman baru, menggali pengalaman peserta didik, menampilkan unjuk kerja siswa.
Banyak metode pembelajran yang bisa digunakan oleh guru. Sebagai guru, harus kreatif membuat metode pembelajaran sehingga siswa dapat menerima pelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru dapat membuat metode pembelajran dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.
Metode pembelajaran tersebut adalah:
Merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah.
Problem Based Learning (pembelajaran berbasis masalah) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.
Pembelajaran berbasis masalah digunakan untuk merangsang berfikir  dalam situasi berorientasi masalah, termasuk didalamnya belajar. Peran guru dalam pembelajaran berbasis masalah adalah menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan, dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.
2.      Project  Based Learning 
Adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik  melakukan eksplorasi, penilaian,interprestasi, simtesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai hasil belajar

Metode ini memanfaatakan proyek dalam proses belajar mengajar, dengan tujuan memperdalam pembelajaran, di mana siswa menggunakan pertanyaan-pertanyaan investigatif dan juga teknologi yang relevan dengan hidup mereka. Menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan pengetahuan berdasarkan pengalaman dalam beraktifitas secara nyata.
Metode  pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda, manusia atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.
4.       Group Investigation. 
Adalah kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalam keterlibatan belajar. Metode ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok
Metode-metode tersebut berusaha membelajarkan siswa untuk mengenal masalah, merumuskan masalah, mencari solusi atau menguji jawaban sementara atas suatu masalah/pertanyaan dengan melakukan penyelidikan (menemukan fakta-fakta melalui penginderaan), pada akhirnya dapat menarik kesimpulan dan menyajikannya secara lisan maupun tulisan.
Metode pembelajaran ini sangat penting di lakukan agar proses belajar mengajar tersebut nampak menyenangkan sehingga siswa dapat menangkap ilmu dari tenaga pendidik tersebut dengan mudah.
Semoga bermanfaat



Referensi:
seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/06/pengertian-metode-pembelajaran.html
Iffah Budiningsih, Bahan Ajar (Diktat) Desain Pembelajaran, Jakarta:  Universitas Islam
As-Syafiiyah, 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar