Metode
Pembelajaran Yang Melibatkan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
Oleh
Teni Nurrita
Metode
pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik
agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan. Metode
pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan guru untuk menyajikan informasi
atau pengalaman baru, menggali pengalaman peserta didik, menampilkan unjuk
kerja siswa.
Banyak
metode pembelajran yang bisa digunakan oleh guru. Sebagai guru, harus kreatif
membuat metode pembelajaran sehingga siswa dapat menerima pelajaran sesuai
dengan tujuan pembelajaran. Guru dapat membuat metode pembelajran dengan
melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.
Metode
pembelajaran tersebut adalah:
Merupakan suatu model pembelajaran
yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode
ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan
masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah.
Problem
Based Learning
(pembelajaran berbasis masalah) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang
menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar
tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk
memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.
Pembelajaran berbasis masalah
digunakan untuk merangsang berfikir dalam
situasi berorientasi masalah, termasuk didalamnya belajar. Peran guru dalam
pembelajaran berbasis masalah adalah menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan,
dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.
2. Project
Based Learning
Adalah metode pembelajaran yang menggunakan
proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian,interprestasi,
simtesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai hasil belajar
Metode ini memanfaatakan proyek dalam proses belajar
mengajar, dengan tujuan memperdalam pembelajaran, di mana siswa menggunakan pertanyaan-pertanyaan
investigatif dan juga teknologi yang relevan dengan hidup mereka. Menggunakan
masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan pengetahuan berdasarkan
pengalaman dalam beraktifitas secara nyata.
Metode
pembelajaran yang melibatkan secara
maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda,
manusia atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga
mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.
Adalah
kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalam keterlibatan belajar.
Metode ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam
berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok
Metode-metode
tersebut berusaha membelajarkan siswa untuk mengenal masalah, merumuskan
masalah, mencari solusi atau menguji jawaban sementara atas suatu
masalah/pertanyaan dengan melakukan penyelidikan (menemukan fakta-fakta melalui
penginderaan), pada akhirnya dapat menarik kesimpulan dan menyajikannya secara
lisan maupun tulisan.
Metode
pembelajaran ini sangat penting
di lakukan agar proses belajar mengajar tersebut nampak menyenangkan sehingga siswa dapat
menangkap ilmu dari tenaga pendidik tersebut dengan mudah.
Semoga bermanfaat
Referensi:
seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/06/pengertian-metode-pembelajaran.html
Iffah Budiningsih, Bahan Ajar (Diktat) Desain
Pembelajaran, Jakarta: Universitas Islam
As-Syafiiyah, 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar