Senin, Maret 30

Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Anak



Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Anak
Oleh: Teni Nurrita
Dengan kemajuan zaman terutama  begitu cepatnya di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi, tentu kita harus bisa menggunakan Teknologi informasi dan komunikasi dengan baik. Teknologi yang datang membawa berbagai dampak bagi kehidupan. Baik yang positif maupun yang negative. Membiasakan anak-anak untuk belajar teknologi informasi dan komunikasi tentu harus didampingi oleh orangtua di rumah atau guru di sekolah. 

Anak-anak begitu mudah belajar  Teknologi karena rasa ingin tahunya yang tinggi dan tidak malu kalau salah dalam menggunakan.  Anak-anak  juga tidak ada rasa takut alat yang digunakan tersebut rusak. Sehingga terus mencoba-dan mencoba. Berbeda dengan orang dewasa dalam belajar teknologi yang selalu berhati-hati dan takut salah.

Pengalaman saya sebagai guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), ketika mulai tahun ajaran baru. Siswa kelas satu yang menjadi siswa baru, kemudian datang ke lab computer. Biasanya belum mengenal cara menggunakan computer dan program yang digunakan. Bahkan ada yang belum bisa menggunakan mouse. Tetapi sebulan kemudian, mereka sudah lancar menggunakan computer, membuka program, membuat karya.

Anak-anak yang setiap hari selalu melihat Teknologi baik di rumah maupun di sekolah, sebagai guru dan orang tua harus mengarahkan ke hal-hal yang positif. Karena teknologi kalau salah dalam menggunakan apalagi bagi anak-anak berakibat yang buruk. Misalnya anak-anak yang suka main game. Kebiasaan ini kalau kita biarkan tentu mengakibatkan anak tidak mau belajar. Karena asyik di depan computer atau PS. Tetapi kalai hobi anak ini kita arahkan dengan main game yang isinya game pendidikan. Selain anak senang bisa bermain game, mereka juga mendapat ilmu yang berguna.

Berbagai program computer yang ada bisa digunakan untuk permaian yang berguna bagi anak. Tentu ada pula program khusus yang digunakan untuk game pendidikan.  Orangtua di rumah dan juga guru di sekolah harus kreatif dalam mengarahkan dan membimbing anak untuk menggunakan teknologi yang ada secara positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar