Senin, Maret 2

Ketika Siswa Mendapat Tugas Presentasi




Ketika Siswa Mendapat Tugas Presentasi

Siswa kelas 4 SD mendapat materi powerpoint pada pelajaran TIK. Mereka sangat antusias membuat slide di powerpoint karena bisa membuat tulisan dengan hiasan dari picture.  Siswa juga membuat animasi dengan kreatifitas sendiri. Setelah selesai tugas membuat slide,  pertemuan berikutnya siswa di beri tugas untuk presentasi ke depan kelas. Berbagai macam komentar dari siswa. Ada yang siap, ada yang biasa-biasa saja, ada yang acuh tak acuh, ada juga yang bilang: “Bu saya malu, takut di tertawakan oleh teman-teman”. 

Saya sebagai guru TIK berusaha membesarkan hati siswa supaya berani tampil di depan teman-teman kelasnya. Saya berkata kepada mereka: “ Tidak perlu malu untuk tampil di depan kelas, harus berusaha dan coba untuk berani. Tidak perlu takut untuk salah karena semuanya sama-sama belajar”

Akhirnya siswa maju satu persatu ke depan kelas dan mempresentasikan slide powerpoint masing-masing. Ada yang tampil dengan percaya diri, memakai gaya, memperkenalkan diri. Ada yang malu-malu sambil tertawa. Ada yang belum berani tampil dan ingin tampil paling belakang. Ada seorang siswa yang berani tampil presentasi dengan bahasa inggris dan gaya bicara yang meyakinkan di depan teman-temanya.

Berani tampil di depan umum harus di mulai dari kecil sehingga ketika mereka dewasa sudah terbiasa untuk tampil dan mempunyai rasa percaya diri yang besar. Memang sulit untuk memulai berani bicara di depan umum. Kata “Malu” dan “Takut Salah” yang sering di ungkapkan oleh siswa. Kalau tidak di mulai dari sekarang, kapan lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar