Mengenal Gaya Belajar Siswa
Oleh: Teni Nurrita
Sebagai seorang guru kita tentu ingin proses belajar
mengajar berlangsung baik sesuai dengan
materi yang akan di berikan terhadap siswa. Tetapi ketika mengajar di kelas
banyak masalah yang dihadapi oleh guru. Diantaranya adalah gaya belajar siswa.
Tidak mungkin dalam satu kelas siswa memiliki gaya belajar yang sama. Karena
setiap individu mempunyai kepribadian dan karakter yang berbeda. Begitu pula
dengan siswa dalam gaya belajar. Tentu mempunyai ciri khas sendiri.
Agar proses belajar dapat efektif, proses belajar mengajar perlu
juga disesuaikan dengan tipe atau gaya belajar siswa. Gaya belajar adalah
kecenderungan seseorang untuk menggunakan cara tertentu dalam belajar sehingga
akan dapat belajar dengan baik. Secara umum dikenal tiga macam gaya belajar,
yaitu visual, auditorial dan kinestetik.
Ciri gaya belajar visual adalah: (a) teliti terhadap yang
detail, (b) mengingat dengan mudah apa yang dilihat, (c) mempunyai masalah
dengan instruksi lisan, (d) tidak mudah terganggu dengan suara gaduh, (e)
pembaca cepat dan tekun, (f) lebih suka membaca daripada dibacakan, (g) lebih
suka metode demonstrasi daripada ceramah, (h) bila menyampaikan gagasan sulit
memilih kata, (i) rapi dan teratur, (j) penampilan sangat penting.
Ciri gaya belajar auditorial adalah: (a) bicara pada diri
sendiri saat bekerja, (b) konsentrasi mudah terganggu dengan suara ribut, (c)
senang suara keras ketika membaca, (d) sulit menulis tapi mudah bercerita, (e)
pembicara yang fasih, (f) sulit belajar dalam suasana bising, (g) lebih suka
musik daripada lukisan, (h) bicara dalam irama yang terpola, (i) lebih suka
gurauan lisan daripada membaca buku humor, (j) mudah menirukan nada, irama dan
warna suara.
Ciri gaya belajar kinestetik adalah: (a) berbicara dengan perlahan,
(b) menanggapi perhatian fisik, (c) menyentuh orang untuk mendapat perhatian,
(d) banyak bergerak dan selalu berorientasi pada fisik, (e) menggunakan jari
sebagai penunjuk dalam membaca, (f) banyak menggunakan isyarat tubuh, (g) tidak
bisa duduk diam dalam waktu lama, (h) menyukai permainan yang menyibukkan, (i)
selalu ingin melakukan sesuatu, dan (j) tidak mudah mengingat letak geografi.
Setelah kita mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat
menentukan proses belajar mengajar yang sesuai dengan siswa. Guru dapat
menganalisa terlebih dahulu berapa persen siswa di kelas yang mempunyai gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya
belajar kinestetik. Kemudian guru dapat
menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat yang akan di sampaikan dalam
kelas sesuai dengan gaya belajar siswa tersebut.
Sekian, semoga bermanfaat
Referensi:
http://iffah-hasanah.blogspot.com/2013/03/resume-buku-pengembangan-media_7033.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar