Rabu, April 29

Seblak



Yang pernah ke Bandung atau tinggal di Kota Bandung sudah sering mendengar kata seblak. Apa yang di maksud dengan seblak?  Saya sendiri yang tidak tinggal di Bandung, sebelumnya tidak tahu apa maksud tulisan seblak yang ada di warung dan di toko- toko makan. Karena saya yang mengerti bahasa sunda, saya sebelumnya ketika mendengar kata seblak teringat pada suatu perasaan seseorang ketika bertemu dengan orang lain. Ternyata seblak yang satu  ini adalah suatu makanan. Saya juga tidak tahu mengapa makanan ini menjadi bernama “ Seblak”. Mungkin pada mulanya seblak ini jenis makanan yang cukup pedas. Sehingga orang menjadi kepedesan ketika makan.
Seblak ini terbuat dari kerupuk. Biasanya dibuat langsung ketika ada pembeli. Bumbu di masukan ke dalam wajan atau panci kecil,  beri air kemudian masukan kerupuk mentah, direbus sampai matang. Sensasi seblak yang pedas dan rasa kenyal dari kerupuk mentah yang di rebus menjadi sensasi sendiri ketika kita makan.
Seiring dengan perjalana seblak, sekarang sudah banyak modifikasi dari seblak ini. Ada seblak macaroni, seblak sosis,  seblak ceker, ada juga yang dimodifikasi dengan daging cincang. Bisa juga kita memesan seblak yang tidak pedas bagi yang  kurang suka pedas. Tergantung kreatifitas yang membuat makanan seblak ini.
Sekitar lima tahun yang lalu, saya melihat penjual seblak di kota Bandung. Tetapi karena banyak orang yang pernah berkunjung ke Bandung, ternyata suka. Saat ini seblak sudah bisa dijumpai di daerah jawa barat. Di Bekasi pun sudah mulai ada yang menjual seblak kerupuk, macaroni, sosis.
Anda suka kuliner, Tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini.

Gambar diambil dari:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar