Kamis, April 30

Perjalananku Bersama Si Doi



Pada hari sabtu, di minggu pertama bulan April 2015, saya pergi ke Cianjur. Karena sudah lama tidak ke Cianjur, ketika sampai di  terminal kampung rambutan, bingung mencari bis yang menuju kesana. Saya berdiri di pinggir jalan sambil melihat jurusan bis yang lewat. Ternyata ada bis jurusan Jakarta ke Tasikmalaya lewat Puncak, Cianjur. Saya sudah lama tidak naik bis ke arah puncak, karena sejak di buka tol Cipularang, bis yang ke Bandung, Tasikmalaya, sudah langsung masuk tol. Kondektur menawarkan bis yang lewat puncak. “ Ciawi..Puncak..Cianjur”. Setelah saya lihat ternyata bis Doa Ibu yang biasa disingkat dengan Bis Doi.
Setelah saya naik ke dalam bis, penumpang tidak begitu penuh.mungkin karena bukan liburan sekolah. Bis berjalan perlahan menuju ke tol Jagorawi. Jalan seperti biasa di hari sabtu, dilalui dengan kemaceta di tol Jagorawi. Keluar dari tol Ciawi, sudah merasakan udara mulai dingin. Tidak sepanas di Jakarta.
Saya ter ingat melawati jalan puncak ketika belum  ada tol Cipularang. Kalau mau ke Bandung atau ke Tasikmalaya, selalu melewati jalan ini. Melewati kebun teh dengan jalan  yang berliku. Terlihat hamparan kebun teh dari atas Bis. Pegunungan yang hijau menemani perlajalanan. Terlihat kabut mulai turun, karena saya lewat pada sore hari. Tetapi untuk melewati pemandangan yang indah, harus di tempuh dengan waktu yang cukup lama. Padahal jarak tidak terlalu jauh dari keluar tol  Jagorawi. Karena kendaraan yang semakin hari bertambah banyak, sehingga jalan dilalui dengan macet.
Sewaktu dulu saya sering melewati puncak, belum semacet sekarang. Perjalanan tidak terlalu melelahkan. Sekarang ketika saya lewat lagi ke puncak, cukup melelahkan, tapi bisa terhibur dengan melihat pemandangan alam yang saya lalui.

Bis terus melaju dengan perlahan. Sedikit tanjakan, kemudian belok ketika melewati kebun teh. Setelah lewat kebun teh, jalan masih berbelok, tetapi mulai turun perlahan. Hingga sampai ke Cipanas. Jalan  perlahan lagi hingga sampai ke kota Cianjur. Jarak  yang tidak terlalu jauh harus di tempuh dengan waktu 5 jam. Luar Biasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar