Minggu, April 19

RPS Sistem Komunikasi Pendidikan Islam


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Program Studi             : S1 Managemen Pendidikan Islam
Mata Kuliah                : Sistem Komunikasi Pendidikan Islam
Kode Mata Kuliah      :
Semester                      : 4
SKS                             : 2 SKS
Dosen Pengampu        : Teni Nurrita, M.Pd

I.                    Deskripsi Singkat Mata Kuliah:
            Mata kuliah ini membangun pemahaman mahasiswa mengenai konsep dan teori komunikasi serta implementasinya dalam pendidikan Islam. Mata kuliah Sistem Komunikasi Pendidikan Islam mendalami mengenai konsep dan teori komunikasi, penerapannya dalam berkomunikasi, serta penanganan permasalahan komunikasi  Materi yang dikembangkan pada mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep teoretis dan praktis komunikasi  implementasi dilapangan serta permasalahan yang melingkupi komunikasi

II.                 Capaian Pembelajaran Lulusan :
Setelah  mengikuti  proses  belajar  mengajar  tentang  sistem komunikasi pendidikan Islam, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan   mengenai konsep  dan teori system komunikasi implementasinya dalam pendidikan.  Dengan adanya sistem komunikasi pendidikan diharapkan pendidikan dapat berkembang mengikuti perkembangan sehingga dapat mengatasi masalah belajar dalam berbagai kondisi dan situasi.








III.     Capaian Pembelajaran Mata Kuliah  :
1.            Memahami konsep sistem komunikasi pendidikan Islam
2.            Memahami tujuan sistem komunikasi pendidikan Islam
3.            Memahami manfaat sistem komunikasi pendidikan Islam
4.            Mampu melakukan analisa permasalahan sistem komunikasi pendidikan Islam
5.            Mampu melakukan analisa masalah sistem komunikasi pendidikan Islam
6.            Menjelasakan pengertian  sistem komunikasi pendidikan Islam
7.            Menjelaskan Tujuan sistem komunikasi pendidikan Islam
8.            Menjelaskan Manfaat sistem komunikasi pendidikan Islam
9.            Menjelaskan permasalahan sistem komunikasi pendidikan Islam
10.        Menjelaskan penerapan dan pengembangan sistem komunikasi pendidikan Islam


IV.     Sumber Belajar/Refesensi
Ø    Arifin Wijaya, Johannes. 2007. Public Speaking is Easy. Penerbit Andi. Yogyakarta

Ø    Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu  Komunikasi. Bumi Aksara. Jakarta

Ø    Carnegei, Dale. 2010. The Magic Of Speaking (Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Mempengaruhi Orang Lain Dengan Public Speaking). PT. Ufuk Publishing House. Jakarta

Ø    Mulyana , Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi (Suatu Pengantar). Gramedia. Jakarta

Ø    Maggio, Rosalie. 2010. Sukses Berbicara dengan Siapa Saja. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Ø    Rachman, Eileen, Savitri Sylvina. 2009. Anda Bisa  Menciptakan Masa Depan: Anda Sutradaranya. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta







V.       Strategi Perkuliahan       : Non Tatap Muka dan  Tatap Muka

a.    Materi Non Tata Muka:
1.      Orientasi materi kuliah
2.      Pengertian sistem komunikasi pendidikan Islam
3.      Fungsi-fungsi komunikasi
4.      Unsur-unsur komunikasi
5.      Model-model komunikasi
6.      Komunikasi verbal dan non verbal
7.      Komunikasi interpersonal

b.      Materi Tatap Muka:
1.      Etika Komunikasi
2.      Komunikasi massa
3.      Komunikasi guru dan siswa
4.      Komunikasi sekolah dan orangtua
5.      Komunikasi sekolah dan masyarakat
6.      Pengertian dan Manfaat media komunikasi dalam  pendidikan Islam
7.      Kepemimpinan Komunikasi

VI.     Tugas yang Harus Dikerjakan
Dalam mata kuliah ini mahasiswa  harus menyelesaikan tugas individu dan tugas kelompok
1.  Tugas Individu:
Membuat poster tentang materi pembelajaran yang menarik  dan terdapat pesan ajakan. Sehingga orang lain mengerti, memahami dan mengikuti yang disampaikan. Bisa menggunakan Ms.Word, Corel Draw, Photoshop, Canva (menggunakan HP)
Ø  Kirimkan ke WA 0852 1402 0851 Email: teninurhazet2@gmail.com

2.    Tugas Kelompok:
Ø  Bekerjasama dalam kelompok  (terdiri dari 4-5 orang)
Ø  Membuat makalah dengan tema yang sudah ditentunkan
Ø  Memilih, menyajikan dan membahas topic yang telah dipilih
Ø  Memberikan penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian
Ø  Kirimkan tugas kelompok ke WA 0852 1402 0851 atau e-mail ke teninurhazet2@gmail.com

Daftar pokok bahasan untuk tugas kelompok:

1.      Model-model komunikasi
2.      Komunikasi verbal dan non verbal
3.      Komunikasi interpersonal
4.      Etika Komunikasi
5.      Komunikasi massa
6.      Komunikasi guru dan siswa
7.      Komunikasi sekolah dan orangtua
8.      Komunikasi sekolah dan masyarakat
9.      Pengertian dan Manfaat media komunikasi dalam  pendidikan Islam
10.  Kepemimpinan Komunikasi

VII.           Materi pokok dan tatap muka

Pertemuan
Topik
Strategi
Waktu Belajar
Pertemuan
1
Orientasi perkuliahan
Brainstroming, diskusi, presentasi dosen
2 x 45 menit
Pertemuan
2
Pengertian sistem
Komunikasi pendidikan Islam

Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
2 x 45 menit
Pertemuan
3
Fungsi-fungsi
komunikasi

Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
2 x 45 menit
Pertemuan
4
Unsur-unsur komunikasi

Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
2 x 45 menit
Pertemuan
5
Model-model
komunikasi

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
6
Komunikasi
verbal dan non verbal

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
7
Komunikasi
interpersonal

2 x 45 menit
Pertemuan
8
Mid Test/ UTS
Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
9
Etika Komunikasi
Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
10
Komunikasi
massa

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
11
Komunikasi guru dan siswa
Presentasi kelompok dan diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
12
Komunikasi sekolah dan orangtua
Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
13
Komunikasi sekolah dan masyarakat

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
14
Pengertian dan Manfaat media
komunikasi dalam pendidikan

Presentasi Kelompok ,Diskusi, praktek
2 x 45 menit
Pertemuan
15
Kepemimpinan Komunikasi

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
16
Final Test/ UAS

2 x 45 menit


VIII.        Strategi/Metode Pembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
Praktek


IX.              Penilaian
Penilaian di dasarkan pada kriteria
Kehadiran                                                 : 10%
Nilai tugas individu dan kelompok           : 25%
Nilai UTS                                                  : 25%
Nilai UAS                                                 : 40%

X.                Kriteria Evaluasi Hasil Belajar:
>80            = A
66 – 79      =B
56-65         =C
40-54         =D
<39            =E


Mengetahui dan Menyetujuai                                           Jakarta, April 2020
Ketuan Prodi MPI                                                             Dosen Pengampu


Dr. H. Madali, M.Pd                                                        Teni Nurrita, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar