RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Program
Studi : S1
Managemen Pendidikan Islam
Mata Kuliah :
Sistem
Komunikasi Pendidikan Islam
Kode Mata Kuliah :
Semester :
4
SKS :
2 SKS
Dosen Pengampu :
Teni Nurrita, M.Pd
I.
Deskripsi Singkat Mata Kuliah:
Mata
kuliah ini membangun pemahaman mahasiswa mengenai konsep dan teori komunikasi
serta implementasinya dalam pendidikan Islam. Mata kuliah Sistem Komunikasi
Pendidikan Islam mendalami mengenai konsep dan teori komunikasi, penerapannya
dalam berkomunikasi, serta penanganan permasalahan komunikasi Materi yang dikembangkan pada mata kuliah ini
pada dasarnya adalah konsep teoretis dan praktis komunikasi implementasi dilapangan serta permasalahan
yang melingkupi komunikasi
II.
Capaian Pembelajaran Lulusan :
Setelah mengikuti
proses belajar mengajar
tentang sistem
komunikasi pendidikan Islam, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan
menerapkan mengenai konsep dan teori system komunikasi implementasinya
dalam pendidikan.
Dengan adanya sistem komunikasi pendidikan diharapkan pendidikan dapat
berkembang mengikuti perkembangan sehingga dapat mengatasi masalah belajar
dalam berbagai kondisi dan situasi.
III. Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah :
1.
Memahami konsep sistem komunikasi
pendidikan Islam
2.
Memahami tujuan sistem komunikasi
pendidikan Islam
3.
Memahami manfaat sistem komunikasi pendidikan Islam
4.
Mampu melakukan analisa permasalahan
sistem komunikasi pendidikan Islam
5.
Mampu melakukan analisa masalah sistem
komunikasi pendidikan Islam
6.
Menjelasakan pengertian sistem komunikasi pendidikan Islam
7.
Menjelaskan Tujuan sistem komunikasi pendidikan Islam
8.
Menjelaskan Manfaat sistem komunikasi pendidikan Islam
9.
Menjelaskan permasalahan sistem komunikasi pendidikan Islam
10.
Menjelaskan penerapan dan pengembangan
sistem komunikasi pendidikan Islam
IV. Sumber
Belajar/Refesensi
Ø
Arifin Wijaya, Johannes. 2007.
Public Speaking is Easy. Penerbit Andi. Yogyakarta
Ø
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar
Ilmu Komunikasi. Bumi Aksara. Jakarta
Ø
Carnegei, Dale. 2010. The Magic Of
Speaking (Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Mempengaruhi Orang Lain Dengan
Public Speaking). PT. Ufuk Publishing House. Jakarta
Ø
Mulyana , Deddy. 2011. Ilmu
Komunikasi (Suatu Pengantar). Gramedia. Jakarta
Ø
Maggio, Rosalie. 2010. Sukses
Berbicara dengan Siapa Saja. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Ø
Rachman, Eileen, Savitri Sylvina.
2009. Anda Bisa Menciptakan Masa Depan:
Anda Sutradaranya. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
V. Strategi
Perkuliahan : Non Tatap Muka
dan Tatap Muka
a.
Materi Non Tata Muka:
1. Orientasi
materi kuliah
2. Pengertian
sistem komunikasi pendidikan Islam
3. Fungsi-fungsi
komunikasi
4. Unsur-unsur
komunikasi
5.
Model-model
komunikasi
6.
Komunikasi
verbal dan non verbal
7.
Komunikasi
interpersonal
b. Materi
Tatap Muka:
1.
Etika Komunikasi
2.
Komunikasi
massa
3.
Komunikasi guru dan siswa
4.
Komunikasi sekolah dan orangtua
5.
Komunikasi sekolah dan masyarakat
6.
Pengertian
dan Manfaat media komunikasi dalam pendidikan
Islam
7.
Kepemimpinan Komunikasi
VI. Tugas yang Harus
Dikerjakan
Dalam mata kuliah ini
mahasiswa harus menyelesaikan tugas
individu dan tugas kelompok
1. Tugas
Individu:
Membuat
poster tentang materi pembelajaran yang menarik
dan terdapat pesan ajakan. Sehingga orang lain mengerti, memahami dan
mengikuti yang disampaikan. Bisa menggunakan Ms.Word, Corel Draw, Photoshop,
Canva (menggunakan HP)
2.
Tugas Kelompok:
Ø Bekerjasama
dalam kelompok (terdiri dari 4-5 orang)
Ø Membuat
makalah dengan tema yang sudah ditentunkan
Ø Memilih,
menyajikan dan membahas topic yang telah dipilih
Ø Memberikan
penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian
Daftar
pokok bahasan untuk tugas kelompok:
1. Model-model komunikasi
2. Komunikasi verbal dan non verbal
3. Komunikasi interpersonal
4.
Etika Komunikasi
5. Komunikasi massa
6.
Komunikasi guru dan siswa
7.
Komunikasi sekolah dan orangtua
8.
Komunikasi sekolah dan masyarakat
9. Pengertian dan Manfaat media
komunikasi dalam pendidikan Islam
10.
Kepemimpinan Komunikasi
VII.
Materi pokok dan tatap muka
Pertemuan
|
Topik
|
Strategi
|
Waktu Belajar
|
Pertemuan
1
|
Orientasi perkuliahan
|
Brainstroming, diskusi,
presentasi dosen
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
2
|
Pengertian
sistem
Komunikasi
pendidikan Islam
|
Presentasi
Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
3
|
Fungsi-fungsi
komunikasi
|
Presentasi
Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
4
|
Unsur-unsur
komunikasi
|
Presentasi
Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
5
|
Model-model
komunikasi
|
Presentasi Kelompok dan
Diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
6
|
Komunikasi
verbal
dan non verbal
|
Presentasi Kelompok dan
Diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
7
|
Komunikasi
interpersonal
|
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
8
|
Mid Test/ UTS
|
Presentasi Kelompok dan
Diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
9
|
Etika Komunikasi
|
Presentasi Kelompok dan
Diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
10
|
Komunikasi
massa
|
Presentasi Kelompok dan
Diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
11
|
Komunikasi guru dan siswa
|
Presentasi kelompok dan
diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
12
|
Komunikasi
sekolah dan orangtua
|
Presentasi Kelompok dan
Diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
13
|
Komunikasi
sekolah dan masyarakat
|
Presentasi Kelompok dan
Diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
14
|
Pengertian
dan Manfaat media
komunikasi
dalam pendidikan
|
Presentasi Kelompok
,Diskusi, praktek
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
15
|
Kepemimpinan
Komunikasi
|
Presentasi Kelompok dan
Diskusi
|
2 x 45 menit
|
Pertemuan
16
|
Final
Test/ UAS
|
|
2 x 45 menit
|
VIII.
Strategi/Metode Pembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
Praktek
IX.
Penilaian
Penilaian di dasarkan pada kriteria
Kehadiran :
10%
Nilai tugas individu dan kelompok : 25%
Nilai UTS : 25%
Nilai UAS : 40%
X.
Kriteria Evaluasi Hasil Belajar:
>80 =
A
66
– 79 =B
56-65 =C
40-54 =D
<39 =E
Mengetahui
dan Menyetujuai Jakarta,
April 2020
Ketuan
Prodi MPI Dosen
Pengampu
Dr.
H. Madali, M.Pd Teni
Nurrita, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar