RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Program
Studi : S1
Managemen Pendidikan Islam (STAI Az- Ziyadah, Jakarta)
Mata Kuliah :
Teknologi Pendidikan
Kode Mata Kuliah :
Semester :
4
SKS :
2 SKS
Dosen Pengampu :
Teni Nurrita
I.
Deskripsi Singkat Mata Kuliah: Mata kuliah
ini menguraikan tentang konsep dasar pengetahuan, pemahaman teori dan praktek
teknologi pendidikan yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar
II.
Capaian Pembelajaran Lulusan :
Setelah mengikuti
proses belajar mengajar
tentang teknologi mahasiswa diharapkan mampu
memahami konsep teknologi pendidikan,
tujuan teknologi pendidikan, permasalahan teknologi pendidikan yang sesuai
dengan pendidikan yang ada di Indonesia sehingga dapat mengatasi masalah
belajar dalam berbagai kondisi dan situasi.
III. Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah :
1. Memahami
konsep teknologi pendidikan
2. Memahami
tujuan teknologi pendidikan
3. Menjelasakan
pengertian teknologi pendidikan
4. Menjelaskan
manfaat teknologi pendidikan
5. Menjelaskan
permasalahan pendidikan
6. Menjelaskan
kontribusi teknologi pendidikan dalam pengembangan SDM
7. Menjelaskan
penerapan dan pengembangan teknologi pendidikan
8. Mampu
melakukan analisa permasalahan teknologi pendidikan
9. Mampu
melakukan analisa masalah belajar dalam pendidikan
IV. Sumber
Belajar/Refesensi
Ø Yusufhadi
Miarso. (2008). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan: Kencana,
Ø Wina
Sanjaya. (2006) Stategi Pembelajaran: Kencana,
Ø S. Nasution.
(2008). Teknologi Pendidikan.
Jakarta: PT Bumi Aksara
Ø Nana Sudjana dan Ahmad
Rivai. (2007). Teknologi
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Ø Rayandra Asyhar.
(2010). Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Ø Andi Prastowo.
(2011). Panduan Kreatif Membuat
Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press
Ø Dan sumber lain yang
relevan
V. Strategi
Perkuliahan : Non Tatap Muka
dan Tatap Muka
a.
Materi Non Tata Muka:
1. Orientasi
materi kuliah
2. Konsep
Teknologi Pendidikan
3. Pengembangan
Teknologi Pendidikan
4. Penerapan
Teknologi Pendidikan
5.
Teknologi
Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah
6.
Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan
Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
b. Materi
Tatap Muka:
1.
Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan
kualitas pendidikan
2.
Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan
Kompetensi Guru
3.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta Dampaknya terhadap Pendidikan
4.
Strategi Pembelajaran
5.
Metode Pembelajaran
6.
Pembelajaran Berbasis Masalah
7.
Pembelajaran Berbasis Komputer
8.
Blended Learning ( Pembelajaran Kombinasi)
VI. Tugas yang Harus
Dikerjakan
Dalam mata kuliah ini
mahasiswa harus menyelesaikan tugas
individu dan tugas kelompok
1.
Tugas Individu:
Ø Membuat
video pembelajaran dengan materi bebas. Bisa tentang pelajaran sekolah atau
materi umum
Ø Program
untuk video pembelajaran bisa menggunakan power point, v.recorder, bandicam,
dll
Ø Upload
video pembelajaran tersebut ke youtube
Ø Kirimkan
hasil upload/ kode youtube tersebut ke WA 0852 1402 0851
2.
Tugas Kelompok:
Ø Bekerjasama
dalam kelompok (terdiri dari 4-5 orang)
Ø Membuat
makalah dengan tema yang sudah ditentunkan
Ø Memilih,
menyajikan dan membahas topic yang telah dipilih
Ø Memberikan
penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian
Daftar
pokok bahasan untuk tugas kelompok:
Ø Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan
di Sekolah
Ø Teknologi
Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
Ø Teknologi
Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
Ø Teknologi
Pendidikan untuk meningkatkan Kompetensi Guru
Ø Perkembangan
Teknologi Komunikasi dan Dampaknya
terhadap Pendidikan
Ø Strategi
Pembelajaran
Ø Metode Pembelajaran
Ø Pembelajaran Berbasis Masalah
Ø Pembelajaran Berbasis Komputer
Ø Blended Learning ( Pembelajaran Kombinasi)
VII. Materi
Pokok dan tatap muka
Pertemuan
|
Topik
|
Strategi/Metode
Pembelajaran
|
Waktu
Belajar
|
Pertemuan
1
|
Orientasi
perkuliahan
|
Brainstroming,
diskusi, presentasi dosen
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
2
|
Konsep
Teknologi Pendidikan
|
Presentasi
Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
3
|
Pengembangan
Teknologi Pendidikan
|
Presentasi
Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
4
|
Penerapan
Teknologi Pendidikan
|
Presentasi
Dosen,Ceramah, tanya jawab
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
5
|
Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan
di Sekolah
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
6
|
Teknologi Pendidikan dalam
Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan
Jarak Jauh
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
7
|
Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan
kualitas pendidikan
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
8
|
Mid
Test/ UTS
|
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
9
|
Teknologi Pendidikan untuk
meningkatkan Kompetensi Guru
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
10
|
Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya terhadap
Pendidikan
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
11
|
Strategi
Pembelajaran
|
Presentasi
kelompok dan diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
12
|
Metode Pembelajaran
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
13
|
Pembelajaran Berbasis Masalah
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
14
|
Pembelajaran Berbasis
Komputer
|
Presentasi
Kelompok ,Diskusi, praktek
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
15
|
Blended Learning ( Pembelajaran Kombinasi)
|
Presentasi
Kelompok dan Diskusi
|
2
x 45 menit
|
Pertemuan
16
|
Final
Test/ UAS
|
|
2
x 45 menit
|
VIII.
Stategi
/ Metode Pembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya
Jawab
IX.
Penilaian
Penilaian
di dasarkan pada kriteria
Kehadiran : 10%
Nilai
tugas individu dan kelompok : 10%
Nilai
UTS : 30%
Nilai
UAS : 50%
X.
Kriteria Evaluasi Hasil Belajar:
>80 = A
66
– 79 =
B
56-65 =
C
40-54 =
D
<39 = E
Mengetahui
dan Menyetujuai Jakarta,
April 2020
Ketuan
Prodi MPI Dosen
Pengampu
Dr.
H. Madali, M.Pd Teni
Nurrita, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar