Sabtu, April 11

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) TEKNOLOGI PENDIDIKAN


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Program Studi             : S1 Managemen Pendidikan Islam (STAI Az- Ziyadah, Jakarta)
Mata Kuliah                : Teknologi Pendidikan
Kode Mata Kuliah      :
Semester                      : 4
SKS                             : 2 SKS
Dosen Pengampu        : Teni Nurrita

I.                    Deskripsi Singkat Mata Kuliah: Mata kuliah ini menguraikan tentang konsep dasar pengetahuan, pemahaman teori dan praktek teknologi pendidikan yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar

II.           Capaian Pembelajaran Lulusan :
Setelah  mengikuti  proses  belajar  mengajar  tentang  teknologi  mahasiswa diharapkan mampu memahami  konsep teknologi pendidikan, tujuan teknologi pendidikan, permasalahan teknologi pendidikan yang sesuai dengan pendidikan yang ada di Indonesia sehingga dapat mengatasi masalah belajar dalam berbagai kondisi dan situasi.
III.     Capaian Pembelajaran Mata Kuliah  :
1.      Memahami konsep teknologi pendidikan
2.      Memahami tujuan teknologi pendidikan
3.      Menjelasakan pengertian teknologi pendidikan
4.      Menjelaskan manfaat teknologi pendidikan
5.      Menjelaskan permasalahan pendidikan
6.      Menjelaskan kontribusi teknologi pendidikan dalam pengembangan SDM
7.      Menjelaskan penerapan dan pengembangan teknologi pendidikan
8.      Mampu melakukan analisa permasalahan teknologi pendidikan
9.      Mampu melakukan analisa masalah belajar dalam pendidikan


IV.     Sumber Belajar/Refesensi
Ø  Yusufhadi Miarso. (2008). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan: Kencana,
Ø  Wina Sanjaya. (2006) Stategi Pembelajaran: Kencana,
Ø S. Nasution. (2008). Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ø Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Ø Rayandra Asyhar. (2010). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Ø Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press
Ø Dan sumber lain yang relevan



V.       Strategi Perkuliahan       : Non Tatap Muka dan  Tatap Muka
a.    Materi Non Tata Muka:
1.      Orientasi materi kuliah
2.      Konsep Teknologi Pendidikan
3.      Pengembangan Teknologi Pendidikan
4.      Penerapan Teknologi Pendidikan
5.      Teknologi  Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah
6.      Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan  Jarak Jauh
b.      Materi Tatap Muka:
1.      Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
2.      Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan Kompetensi Guru
3.      Perkembangan Teknologi Informasi dan  Komunikasi  (TIK) serta Dampaknya terhadap Pendidikan
4.      Strategi Pembelajaran
5.      Metode Pembelajaran
6.      Pembelajaran Berbasis Masalah
7.      Pembelajaran Berbasis Komputer
8.      Blended Learning  ( Pembelajaran Kombinasi)


VI.     Tugas yang Harus Dikerjakan
Dalam mata kuliah ini mahasiswa  harus menyelesaikan tugas individu dan tugas kelompok
1.    Tugas Individu:
Ø Membuat video pembelajaran dengan materi bebas. Bisa tentang pelajaran sekolah atau materi umum
Ø Program untuk video pembelajaran bisa menggunakan power point, v.recorder, bandicam, dll
Ø Upload video pembelajaran tersebut ke youtube
Ø Kirimkan hasil upload/ kode youtube tersebut ke WA 0852 1402 0851
2.    Tugas Kelompok:
Ø  Bekerjasama dalam kelompok  (terdiri dari 4-5 orang)
Ø  Membuat makalah dengan tema yang sudah ditentunkan
Ø  Memilih, menyajikan dan membahas topic yang telah dipilih
Ø  Memberikan penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian
Ø  Kirimkan tugas kelompok ke WA 0852 1402 0851 atau e-mail ke teninurhazet2@gmail.com

Daftar pokok bahasan untuk tugas kelompok:
Ø  Teknologi  Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah
Ø  Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan  Jarak Jauh
Ø  Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
Ø  Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan Kompetensi Guru
Ø  Perkembangan Teknologi  Komunikasi dan Dampaknya terhadap Pendidikan
Ø  Strategi Pembelajaran
Ø  Metode Pembelajaran
Ø  Pembelajaran Berbasis Masalah
Ø  Pembelajaran Berbasis Komputer
Ø  Blended Learning  ( Pembelajaran Kombinasi)


VII.  Materi Pokok dan tatap muka

Pertemuan
Topik
Strategi/Metode Pembelajaran
Waktu Belajar
Pertemuan
1
Orientasi perkuliahan
Brainstroming, diskusi, presentasi dosen
2 x 45 menit
Pertemuan
2
Konsep Teknologi Pendidikan
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
2 x 45 menit
Pertemuan
3
Pengembangan Teknologi Pendidikan
Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
2 x 45 menit
Pertemuan
4
Penerapan Teknologi Pendidikan

Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
2 x 45 menit
Pertemuan
5
Teknologi  Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
6
Teknologi Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Terbuka dan  Jarak Jauh

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
7
Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
8

Mid Test/ UTS

2 x 45 menit
Pertemuan
9

Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan Kompetensi Guru

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
10
Perkembangan Teknologi  Komunikasi dan Dampaknya terhadap Pendidikan

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
11
Strategi Pembelajaran
Presentasi kelompok dan diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
12
Metode Pembelajaran

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
13
Pembelajaran Berbasis Masalah

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
14
Pembelajaran Berbasis Komputer

Presentasi Kelompok ,Diskusi, praktek
2 x 45 menit
Pertemuan
15
Blended Learning  ( Pembelajaran Kombinasi)

Presentasi Kelompok dan Diskusi
2 x 45 menit
Pertemuan
16
                    Final Test/ UAS

2 x 45 menit





VIII.        Stategi  / Metode Pembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab

IX.              Penilaian
Penilaian di dasarkan pada kriteria
Kehadiran                                                 : 10%
Nilai tugas individu dan kelompok           : 10%
Nilai UTS                                                  : 30%
Nilai UAS                                                 : 50%

X.                Kriteria Evaluasi Hasil Belajar:
>80                        = A
66 – 79                  = B
56-65                     = C
40-54                     = D
<39                        = E


Mengetahui dan Menyetujuai                                           Jakarta, April 2020

Ketuan Prodi MPI                                                             Dosen Pengampu


Dr. H. Madali, M.Pd                                                        Teni Nurrita, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar