PENGERTIAN SISTEM KOMUNIKASI
PENDIDIKAN
Pengertian Sistem:
- Sistem adalah perangkat unsur yang saling berhubungan dalam satu lingkungan tertentu. (Ludwig, 1997)
- Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. (Budi Sutedjo, 2002)
- Sistem merupakan bagian-bagian yang beroperasi secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan. (Gordon B. Davis, 1995)
Pengertian Komunikasi
- Komunikasi adalah proses manusia merespon perilaku simbolik orang lain. (Adler dan Rodman, 2006)
- Komunikasi adalah interaksi dan transaksi. (Mulyana: 2005)
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator
kepada komunikan dengan tujuan tertentu.
Menurut Adler Rodman, 2006., ada 3 karakteristik dalam komunikasi:
- Komunikasi itu Manusiawi
- Komunikasi itu Proses
- Komunikasi itu bersifat simbolik (verbal / nonverbal)
Pengertian pendidikan
Pendidikan adalah proses mengubah
sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan
manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (proses, perbuatan, dan cara
mendidik). (KBBI)
Pendidikan adalah usaha sadar dan
terancana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengambengkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. (UU RI
No. 20 Tahun 2003)
Pengertian Sistem Komunikasi Pendidikan
Kumpulan
komponen dalam sebuah organisasi atau lembaga yang berhubungan dengan proses
komunikasi (interaksi dan berbagi informasi) sehingga menghasilkan tujuan yang
sesuai bagi kepentingan lembaga pendidikan tersebut.
Mengapa
manusia berkomunikasi?
Manusia
tidak bisa hidup sendiri.
Manusia
berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan gagasan, pikiran atau
perasaannya. Bertukar informasi.
Bisa juga berupa konsep, yang diajarkan pendidik kepada anak
didiknya berupa rumus matematika atau tata cara berwudhu
Alasan Manusia Berkomunikasi :
Kebutuhan
fisik
Kebutuhan
identitas
Kebutuhan
sosial
Kebutuhan
praktis
Komunikasi dalam lembaga pendidikan:
Lembaga
pendidikan dipandang sebagai sebuah organ yang terus berkembang, bertumbuh,
berkebutuhan dan memiliki tahapan perkembangan. Seperti halnya manusia
berkembang dari lahir hingga dewasa.
Suatu
lembaga atau organisasi memiliki kebutuhan komunikasi internal maupun
eksternal.
Lembaga
pendidikan memiliki kebutuhan komunikasi berupa kebutuhan fisik organisasi.
(kerjasama dengan sesama lembaga pendidikan, komunikasi dengan dunia usaha,
memiliki kebutuhan praktis salah satunya memberikan surat pemberitahuan kepada
orang tua siswa).
Selama
lembaga pendidikan itu masih ada, maka kebutuhan komunikasi masih tetap
berjalan.
Dalam lembaga pendidikan
terjadi komunikasi:
Guru
dengan murid
Kepala
sekolah dengan guru
Guru
dengan guru
Guru
dengan orang tua
Lembaga
pendidikan dengan orang tua
Lembaga
pendidikan dengan lembaga pendidikan lain
Lembaga
pendidikan dengan masyarakat
Guru
dengan karyawan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar