Minggu, April 21

Sistem Komunikasi Pendidikan



SILABUS
Mata Kuliah    : Sistem Komunikasi Pendidikan
Kode               :
Program Studi :  S1 Managemen Pendidikan Islam
Semester          : IV
Bobot              : 2 SKS
I.                   Standar Kompetensi
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan   mengenai konsep  dan teori sistem
komunikasi implementasinya dalam pendidikan.  Dengan adanya sistem komunikasi pendidikan diharapkan pendidikan dapat berkembang mengikuti perkembangan

II.                Kompetensi Dasar
1.      Memahami konsep sistem komunikasi pendidikan
2.      Memahami tujuan sistem komunikasi pendidikan
3.      Memahami Manfaat sistem komunikasi pendidikan
4.      Mampu melakukan analisa permasalahan sistem komunikasi pendidikan
5.      Mampu melakukan analisa masalah sistem komunikasi pendidikan

III.             Indikator Kompetensi
1.      Menjelasakan pengertian  sistem komunikasi pendidikan
2.      Menjelaskan Tujuan sistem komunikasi pendidikan
3.      Menjelaskan Manfaat sistem komunikasi pendidikan
4.      Menjelaskan permasalahan sistem komunikasi pendidikan
5.      Menjelaskan penerapan dan pengembangan sistem komunikasi pendidikan

IV.             INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menyelesaikan dengan baik semua tes yang diberikan
2.      Memperoleh nilai tes UTS
3.      Memperoleh nilai perorangan dari tugas kelompok
4.      Memperoleh nilai kelompok dari kelompok
5.      Mengikuti semua kegiatan kuliah dan berpartisipasi aktif dalam diskusi serta aktif bertanya saat diskusi
6.      Apabila tidak hadir maka diberikan tugas membahas secara tertulis ( maksimum 3 halaman, kertas A4 jarak 1 ½ spasi. Pokok bahasan yang tidak sempat dihadiri. Pembahasan tertulis itu harus diserahkan kepada dosen selambat-lambatnya 2 minggu setelah pokok bahasan yang bersangkutan di kelas. Pembahasan itu dapat dinilai sebagai nilai kehadiran.
7.      Bekerjasama dalam kelompok  (terdiri dari 4-5 orang) untuk:
a.       Memilih, menyajikan dan membahas topic yang telah dipilih
b.      Memberikan penilaian kepada rekan yang memberikan penyajian

V.                Materi Pokok dan tatap muka
Pertemuan
Topik
Strategi
Pertemuan
1
Orientasi perkuliahan
Brainstroming, diskusi, presentasi dosen
Pertemuan
2
Pengertian sistem
Komunikasi pendidikan

Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
Pertemuan
3
Fungsi-fungsi
komunikasi

Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
Pertemuan
4
Unsur-unsur komunikasi

Presentasi Dosen,Ceramah, tanya jawab
Pertemuan
5
Model-model
komunikasi

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
6
Komunikasi
verbal dan non verbal

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
7
Mid Test/ UTS

Pertemuan
8
Komunikasi
interpersonal
Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
9
Etika Komunikasi
Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
10
Komunikasi
massa

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
11
Komunikasi guru dan siswa
Presentasi kelompok dan diskusi
Pertemuan
12
Komunikasi sekolah dan orangtua
Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
13
Komunikasi sekolah dan masyarakat

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
14
Pengertian dan Manfaat media
komunikasi dalam pendidikan

Presentasi Kelompok ,Diskusi, praktek
Pertemuan
15
Kepemimpinan Komunikasi

Presentasi Kelompok dan Diskusi
Pertemuan
16
                    Final Test/ UAS



VI.             Stategi Pembelajaran:
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
VII.          Penilaian
Penilaian di dasarkan pada 6 kriteria
Kehadiran                                                 : 10%
Nilai tugas individu dan kelompok           : 25%
Nilai UTS                                                  : 25%
Nilai UAS                                                 : 40%
VIII.       Kriteria Evaluasi Hasil Belajar:
>80            = A
66 – 79      =B
56-65         =C
40-54         =D
<39            =E
IX.             Sumber Belajar/Refesensi

Mengetahui dan Menyetujuai                                           Jakarta, April 2019
Ketuan Prodi MPI                                                                        Dosen Pengampu


Dr. H. Madali, M.Pd                                                        Teni Nurrita, M.Pd


Daftar pokok bahasan untuk tugas kelompok:
1.      Model-model komunikasi
2.      Komunikasi verbal dan non verbal
3.      Komunikasi interpersonal
4.      Etika Komunikasi
5.      Komunikasi massa
6.      Komunikasi guru dan siswa
7.      Komunikasi sekolah dan orangtua
8.      Komunikasi sekolah dan masyarakat
9.      Pengertian dan Manfaat media komunikasi dalampendidikan
10.  Kepemimpinan Komunikasi


Times New Roman
Ukuran 12
Spasi 1,5/ 2

Tugas Individu:
Membuat suatu program pembelajaran / materi pembelajaran yang menarik  dan terdapat pesan ajakan. Sehingga orang lain mengerti, memahami dan mengikuti yang disampaikan. Kemudian tugas tersebut di buat di power point



Blog:  catatankegiatanteni.blogspot.com
Hp: 085214020851

Tidak ada komentar:

Posting Komentar