Rabu, Oktober 14

Buka Tutup Jalan di Puncak



Pada pertengahan bulan September 2015, saya melakukan perjalanan dari Jakarta ke kota Cianjur. Saya naik bis dari  terminal kampong rambutan sekitar pukul 14.00. Hari itu adalah hari sabtu, sayapun sadar pasti akan terkena macet di mana-mana. 

Bis mulai berjalan perlahan menuju kejalan  tol Jagorawi. Masuk ke jalan tol, bis melaju dengan cepat sampai kemudian nerayap di daerah cibubur. Setelah lewat dari cibubur, bis berjalan lancar. Saya pikir jalan akan terus lancar. Ternyata sebelum tol Ciawi, jalan sudah padat. Mobil pribadi, Bis, berhenti. Hanya yang di sebelah kanan yang bergerak. Bis yang saya naiki mengambil jalur kanan karena akan keluar lewat tol ciawi.

Setelah saya tanya ke penumpang di sebelah, ternyata mobil berhenti untuk menunggu jalan di buka yang menuju puncak.

Bis berhenti di Ciawi untuk menurunkan penumpang. Kemudian berjalan perlahan, apalagi hari menjelang malam di tambah dengan rintik-rintik hujan. Sampai di pasar Ciawi, bis berhenti. Tidak bergerak.Menurut sopir bis, menunggu jalan di buka kea rah puncak. Jalan kea rah puncak akan di buka nanti setelah magrib.

Ternyata pada hari Sabtu dan Minggu, perjalanan  melewati puncak harus tahu buka dan tutup jalan. Ke arah puncak, pada hari sabtu jalan akan di tutup pada sore hari sampai magrib. Yang dari puncak kea rah Jakarta, pada hari sabtu jalan akan di buka.

Begitu pula pada hari minggu, jalan ke arah puncak akan di tutup pada sore sampai magrib. Setelah magrib, jalan akan di buka kembali. Kalau mau lewat puncak sebaiknya pada malam hari, karena yang wisata di puncak, sudah mulai turun dan keluar dari puncak.

Setelah magrib, bis kemudian berjalan perlahan menuju puncak. Jalan padat merayap. Udara dingin sudah terasa. Sampai Cisarua, bis berjalan pelan karena banyaknya kendaraan yang akan menuju ke puncak. Setelah lewat Cisarua, jalan mulai lancar dan bis melaju kencang menuju kota Cianjur.

Akhirnya saya sampai di Kota Cianjur pukul 21.00. Perjalanan 5 jam dari Terminal Kampung Rambutan ke Cianjur. Kalau hari kerja , biasanya 3 jam sudah sampai.
Begitulah pengalaman melewati puncak pada hari Libur, cukup lama dan melelahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar